Search

3 Kesalahan yang Harus Dihindari Pada Bisnis F&B Milikmu


Kesalahan yang harus dihindari bisnis food and beverage (f&b)

Bisnis Food and Beverage (F&B) merupakan bisnis yang memiliki prospek menjanjikan dan akan terus dibutuhkan sepanjang masa karena merupakan sebuah bisnis penyedia kebutuhan primer khalayak. Diketahui bahwa bisnis F&B adalah bisnis yang menyediakan berbagai jenis menu makanan dan minuman yang unik dan kreatif disajikan dengan pemrosesan, pengemasan, penyajian, hingga pendistribusian sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga: 5 Tipe Bisnis F&B yang Cocok untuk Cloud Kitchen 

Berdasar pada data yang disajikan oleh Kementerian Perindustrian, bisnis F&B di Indonesia tergolong berkembang pesat seiring perkembangan teknologi dimana mampu mencatat pertumbuhan positif di angka 2,95% pada kuartal II-2021 dan memberikan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) nasional mencapai 6,66%.


Dalam membangun dan menjalankan strategi bisnis F&B, kamu wajib menghindari kesalahan-kesalahan fatal yang bisa membahayakan bisnis F&Bmu kedepannya. Berikut terangkum 3 kesalahan utama yang harus dihindari dalam bisnis F&B!


1. Variasi menu terlalu banyak dan monoton

Variasi menu dalam bisnis F&B merupakan hal umum dan lumrah. Namun, perlu diperhatikan lagi bahwa variasi menu dengan tanpa adanya inovasi dan kreasi yang cenderung monoton hanya akan menyebabkan biaya persediaan (investory cost) bisnis semakin tinggi. Sebaiknya tetapkan beberapa variasi menu pilihan dengan karkateristik yang menarik target market yang tentunya sesuai dengan bisnis F&B kamu dan fokus pada peningkatan kualitas menu tersebut.


2. Manajemen keuangan yang kurang baik

Kunci keberhasilan utama dalam sebuah bisnis, baik bisnis umum atau F&B sekalipun adalah pengelolaan keuangan. Sayangnya, pelaku bisnis seringkali lupa memisahkan keuangan bisnisnya dengan keuangan pribadi yang menyebakan kebingungan serta keuntungan bisnis secara bersih sulit untuk dideteksi. Ditambah lagi dengan kurangnya kemampuan pembukuan serta perhitungan kas yang bisa menambah proses pemutaran uang dalam bisnis kamu semakin tidak terkendali yang tentunya akan membahayakan bisnis tersebut keedepannya. Sebaiknya, percayakan manajemen keuangan pada orang yang kompeten dan berpengalaman.


3. Lokasi kurang strategis

Penentuan lokasi bisnis F&B yang cenderung asal-asalan atau hanya bermodal tingkat keramaian khalayak saja tentu merupakan sebuah kesalahan fatal yang akan berdampak buruk kedepannya. Dampak tersebut antara lain ialah rendahnya daya jual, bahkan yang lebih parah akan menyebabkan bisnis F&B kamu mengalami kegagalan. Sebaiknya, pemilihan lokasi harus didasari dengan kemudahan akses, padat kompetitor, dan tetap sesuai dengan karakteristik target market dan juga bisnis F&B itu sendiri.


Baca juga: Daerah-Daerah Terbaik untuk Membuka outlet cloud kitchen terbaru kamu! 

Mau bisnis F&Bmu lebih berkembang dan terorganisir dengan baik? Gabung bersama YummyShop dari YummyCorp. Yummyshop adalah aplikasi terbaru dari YummyKitchen yang membantu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi para pebisnis F&B. Jadilah pebisnis sukses dengan cara terbaik!




27 views0 comments