Search

5 Strategi Baru Ekspansi Brand Bisnis Kuliner untuk Tingkatkan Penjualanmu

Updated: Jul 7


5 strategi ekspansi bisnis kuliner untuk tingkatkan penjualan

Apakah anda merasa bahwa brand bisnis kuliner anda belum berkembang serta minim penjualan? Mungkin, salah satu penyebabnya adalah karena anda belum melakukan strategi ekspansi pada brand bisnis dengan baik dan tepat. Ekspansi bisnis adalah upaya yang dilakukan pelaku usaha dengan cara perluasan jaringan bisnis dengan berbagai macam aktivitas didalamnya. Pentingnya ekspansi brand bisnis ini tentu dapat mengembangkan bahkan meningkatkan profit di masa mendatang.


Langkah awal jika anda ingin memulai sebuah strategi ekspansi brand bisnis adalah dengan membuat perencanaan sematang mungkin. Rencana strategi ekspansi bisnis yang komprehensif tentu bisa menuntun brand bisnis kuliner anda pada titik kesuksesan yang anda idamkan. Untuk memudahkan anda, berikut akan disajikan 5 strategi ekspansi brand bisnis yang dapat anda praktekkan untuk meningkatkan profit serta penjualan bisnis kuliner!

Baca juga: Tips Meningkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda 

1. Riset target market

Riset target market sebenarnya merupakan sebuah proses ekspansi bisnis yang paling mendasar namun sering dan banyak dilewatkan oleh para pelaku bisnis, terutama bisnis kuliner. Riset target market bisa dilakukan dengan cara mengenali target lebih mendalam (berapa usianya, jenis kelamin, pekerjaan, ekonomi, dll.) yang bisa disesuaikan dengan produk kuliner anda kemudian. Dengan kata lain, bisnis kuliner yang anda sajikan haruslah mampu menjawab kebutuhan dan minat target khalayak dan tentunya memiliki nilai yang lebih dibanding kompetitor.


2. Aktif promosi

Aktif promosi merupakan pilihan strategi ekspansi bisnis termudah yang bisa dilakukan pelaku bisnis kuliner. Promosi sendiri adalah suatu kegiatan memperkenalkan, membujuk, dan mengingatkan brand bisnis kepada target market. Untuk mengadakan promosi, para pelaku bisnis bisa menggunakan cara dan media promosi mana yang terbaik yang akan digunakan untuk mencapai keberhasilan yang diharapkan. Jangan lupa untuk mendesain konten serta ide promosi yang menarik sesuai dengan karakter target market. Di era digital saat ini, strategi promosi yang sangat populer digunakan adalah dengan memanfaatkan sosial media.


3. Menambah variasi menu

Strategi ekspansi brand bisnis kuliner yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan menambah variasi menu. Menu sendiri merupakan unsur terpenting dalam bisnis kuliner. Penambahan variasi menu yang disediakan, pastinya akan menarik minat serta memudahkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan serta menambah selera mereka dalam waktu yang bersamaan. Praktek penambahan variasi menu bisa dilakukan dengan perubahan resep masakan, cara pengolahan, bahan makanan, sampai dengan jenis packaging yang akan digunakan.

Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Makanan untuk Ekspansi Bisnis Kuliner 

4. Buka cabang baru

Strategi ekspansi bisnis lainnya yang bisa diterapakan ialah membuka cabang baru dari bisnis kuliner yang tentunya akan menghasilkan keuntungan serta jangkauan konsumen yang lebih luas namun membutuhkan pengeluaran lebih. Strategi ini haruslah diikuti dengan persiapan yang matang karena cenderung memiliki resiko jika tidak direncanakan dengan baik. Cabang baru yang akan dibuka haruslah memiliki tujuan yang jelas, lokasi strategis, modal yang memadai, serta sudah sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.


5. Bergabung bersama Yummykitchen

Anda ingin memaksimalkan stategi ekspansi brand bisnis kuliner dengan resiko dan pengeluaran yang lebih rendah namun dengan cara yang sangat praktis? Bergabunglah bersama Yummykitchen, cloud kitchen yang akan membantu meningkatkan penjualan bisnis kulinermu. Tertarik? Klik disini untuk info lebih lanjut.






76 views0 comments

Recent Posts

See All