Search

Beberapa Strategi Social Media Marketing untuk Promosi Bisnis Kuliner


Strategi Social Media Marketing untuk Promosi Bisnis Kuliner

Saluran pemasaran dan promosi bisnis kuliner yang amat populer di era digital saat ini dirajai oleh sosial media, atau sering disebut sebagai social media marketing dengan membuat konten kreatif berupa iklan dan promosi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada sosial media.


Keunggulan social media marketing dibanding marketing menggunakan channel lain ialah lebih mudah, fleksibel, menyenangkan, serta bisa mendapat feedback langsung dari para target market.


Baca juga:  Rekomendasi Aplikasi untuk Mengelola Bisnis Kuliner Anda

Beberapa startegi social media marketing yang bisa dilakukan untuk promosi bisnis kuliner yang bisa anda terapkan adalah sebagai berikut.


1. Membuat content plan/content pillar

Content plan dan content pillar merupakan tumpuan awal dalam proses social media marketing. Tanpa adanya kedua bahkan salah satu strategi tersebut, maka kegiatan promosi tidak akan berjalan rapih dan tidak bisa dimonitoring keberhasilannya.


2. Pemilihan media sosial

Jantung utama dalam social media marketing ialah sosial media. Contoh sosial media yang sering digunakan dalam sosial media marketing ialah Facebook, Instagram, Twitter, dan yang terbaru dan paling banyak dicari saat ini ialah TikTok. Setiap sosial media tersebut tentu memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Tugas anda adalah menyesuaikan dengan strategi yang sudah direncanakan sebelumnya dan jangan lupa juga untuk disesuaikan dengan target market serta karakteristik bisnis kuliner anda.

Baca juga: 5 Tips Mengembangkan Usaha Kuliner Rumahan!

3. Visualisasi konten yang menarik

Untuk promosi bisnis kuliner, hal yang perlu ditonjolkan ialah visualisasi makanan dan minuman agar terlihat lebih menggiurkan. Dengan visual yang menarik, tentu akan sangat menentukan keputusan konsumen untuk mengunjungi outlet atau bahkan membeli produk anda. Konsistensi unggahan konten juga menjadi nilai plus untuk meningkatkan engagement.


4. Jaga komunikasi dengan target market

Seperti yang telah disinggung diawal, feedback langsung dari para target market dalam sosial media marketing akan langsung bisa dirasakan dan dianalisa oleh anda para pelaku bisnis kuliner. Sebisa mungkin, jalinlah komunikasi sebaik mungkin misalnya dengan kerap membalas komentar atau pesan langsung melalui direct message dengan ramah dan menyenangkan pada sosial media yang anda gunakan. Dengan begitu, target market akan merasakan sebuah “hubungan dekat” dengan bisnis anda.


5. Social media ads

Selain promosi secara organik di sosial media, anda juga bisa meningkatkan penjualan serta melakukan promosi menggunakan social media ads sebagai bagian dari sosial media marketing. Social media ads adalah kampanye promosi dan iklan berbayar yang dijalankan pada platform sosial media tertentu dengan impact yang biasanya akan lebih besar karena memiliki jangkauan audiens lebih besar secara instan.


22 views0 comments

Recent Posts

See All