Search

Beberapa Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Kuliner di Marketplace


beberapa tips meningkatan penjualan serta pemasaran bisnis online marketplace

Tidak bisa dipungkiri, pebisnis kuliner yang saat ini sedang menjalankan penjualan di marketplace seperti Gofood, Grabfood, Shopeefood, dsb. pasti memiliki kendala tersendiri karena kebingungan untuk memilih cara pemasaran atau promosi bisnis kuliner dalam platform online tersebut untuk meningkatkan penjualannya.


Baca juga: 5 Strategi Baru Ekspansi Brand Bisnis Kuliner untuk Tingkatkan Penjualanmu 

Namun kamu tidak perlu khawatir, berikut akan diuraikan beberapa tips yang bisa dicontoh sebagai strategi bisnis kuliner makanan dan minumanmu untuk meningkatkan penjualan di marketplace secara khusus dengan mudah dan efektif.


Kenali Tipe Customer

Tujuan utama dari penjualan, pemasaran, dan promosi pada bisnis kuliner adalah tidak lain untuk menarik minat customer atau pembeli. Terkait penjualan di marketplace, diketahui terdapat dua tipe customer yaitu pertama customer pedui harga, yaitu mereka yang akan mencari harga paling murah dari yang termurah. Kedua, customer yang tidak peduli harga, yaitu mereka yang lebih mementingkan kualitas menu kuliner yang dibeli. Setelah mengetahui dua tipe ini, kamu bisa menyesuaikan dengan tujuan serta kemampuan dari bisnis kulinermu ya!


Optimasi Profil

Perlu kamu ketahui, profil di platform online marketplace merupakan wajah utama yang akan mencerminkan citra brand bisnis kuliner. Jika susuan profil masih belum lengkap dan asl-asalan tentu akan membuat customer lost iterest dan tidak jadi melihat-lihat tokomu. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, lengkapi profil secara detail serta berikan juga logo terbaik yang menjadi ciri khas dari bisnismu.


Memperhatikan Sistem Penyusunan Katalog

Sistem penyusunan katalog pada bisnis kuliner sangat penting untuk memikat hati para customer. Buatlah bagian/kategori menu agar dilihat lebih rapih dan tertata serta customer friendly. Jangan lupa gunakan foto dengan kualitas terbaik dan visualisasi yang menarik disetiap katalog menu yang tersedia.


Baca juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Pada Bisnis F&B Milikmu 

Buat Deskripsi Produk secara Detail

Setelah menyusun katalog dengan rapih dan pemilihan visual yang wah, sempurnakan bisnis kulinermu di marketplace dengan cara memberikaan deskripsi produk yang detail. Berdasarkan riset, total 87% dari 1000 responden customer menyatakan bahwa informasi yang tercantum pada deskiprsi produk sangat menentukan apakah mereka jdi membeli produk atau tidak.


Adakan Promosi, Diskon, dan Kampanye Khusus

Cara promosi bisnis makanan dan minuman secara online di marketplace bisa kamu lakukan dengan menggunakan sosial media atau memanfaatkan fitur iklan diberbagai platform dan media untuk menjangkau lebih banyak customer. Secara khusus juga, kamu bisa menafaatkan fitur diskon pada marketplace yang kamu gunakan sebagai bagian dari promosi bisnis kulinermu. Kamu juga bisa mengadakan kampanye rutin misalnya beli 2 gratis 1, harga khsusu dengan minimal pembelian, item tambahan gratis, dsb. Langkah-langkah tersebut selain bisa meningkatkan penjual, ternyata bisa menambah pengahasilan.



Khawatir belum bisa melakukan semua hal tersebut karena kekurangan manpower? Kamu ga perlu khawatir, cukup join saja ke layanan Brand Management Service dari Yummykitchen.


Kami akan mengurus semua keperluan bisnis makanan dan minuman kamu mulai dari sewa tempat, mempekerjakan karyawan, hingga urusan operasional seperti memproses order makanan dan minuman. Jangan khawatir, dapur kami telah tersertifikasi keamanan pangan tertinggi HACCP sehingga terjamin higienis. More detail silahkan klik disini!

21 views0 comments

Recent Posts

See All