Search

Cara Mengatur Pengiriman Pakai Yummyshop

Updated: Aug 24


Cara Mengatur Pengiriman Pakai Yummshop

Sebuah survey dilakukan oleh Populix, sebuah platform riset marketing, terkait tren jasa ekspedisi dan pengiriman barang di Indonesia, khususnya pada masa pandemi Covid-19. Didapati bahwa dari 5,920 responden, 44 persen di antaranya melakukan aktivitas belanja online setidaknya sekali dalam sebulan. Sementara, 17 persen responden menyatakan seminggu lebih dari satu kali berbelanja online.


Lembaga riset Nielsen juga menguatkan hal diatas, kurang lebih 58 persen dari masyarakat Indonesia memesan makanan menggunakan lewat aplikasi pesan antar. Riset tersebut melibatkan 1,000 responden yang tersebar di sejumlah tujuh kota besar Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Balikpapan dan Medan. Adapun data diambil berdasarkan penggunaan layanan pesan antar selama tiga bulan terakhir dari tahun 2019.


Dari kedua survey tersebut, ini menyatakan bahwa banyak orang berbelanja (dan memesan makanan) secara online. Jasa layanan pengiriman di sini berperan penting untuk memenuhi permintaan yang begitu besar ini.


Yummyshop Terintegrasi Dengan Berbagai Layanan Pengiriman

Lalu bagaimana kamu sebagai penjual dapat memanfaatkan momen ini dan memakai tools yang tepat untuk bisnis kulinermu? Yummyshop punya solusinya!! Terintegrasi dengan berbagai jasa penyedia layanan pengiriman, membuat Yummyshop unggul untuk menyediakan jasa yang tepat sesuai pilihan pembeli untuk memenuhi kebutuhan pembeli kamu.

Baca juga: Apa Itu Yummyshop dan Panduan Lengkap Menggunakannya

Manajemen Order Dari Yummyshop Sangatlah Praktis

Manajemen Order adalah langkah utama dalam alur pesanan hinga pengiriman sebuah makanan. Memonitor alur masuk pesanan sangatlah penting dalam sebuah proses mencatat pesanan pembeli, proses memasak yang sesuai dengan pesanan serta proses pengiriman pesanan. Yummyshop memiliki fitur menarik, yaitu menampilkan status dari setiap fase aksi yang dilakukan oleh penjual maupun pembeli untuk memonitor alur masuk pesanan. Berikut tabel yang menampilkan kategori status pesanan dan pengiriman beserta deskripsi masing-masing status.

Tabel Status Pesanan yummyshop
Tabel 1: Deskripsi setiap kategori status pesanan dan pengiriman

Ingin pantau pesanan yang sedang dikirim oleh kurir? Yes, bisa banget. Penjual maupun pembeli dapat memantau status pesanan secara real-time untuk mengetahui sudah sampai mana proses pengiriman berjalan. Penjual dapat melihat melalui fitur filtering di status pesanan atau status pengiriman sedangkan pembeli dapat mengecek melalui link pembayaran yang telah dikirim oleh penjual sebelumnya.


Layanan Pengiriman Untuk Pembeli

Setelah proses pemesanan dilakukan oleh penjual, maka penjual akan memberikan link pembayaran ke pembeli. Di layar tampilan, pembeli dapat menetapkan dari berbagai kurir atau layanan pengiriman yang dipilih untuk mengantar pesanannya. Berikut adalah pilihan layanan pengiriman:

  • Go Send Instant

  • Go Send Sameday

  • Grab Express Instant

  • Grab Express Sameday

  • Mr. Speedy Instant

  • Lalamove

  • Anteraja

  • Deliveree

Setelah pembeli mengkonfirmasi pesanan dan berhasil melakukan pembayaran, penjual dapat memesan logistik dari layanan pengiriman yang sudah dipilih oleh pembeli untuk mengantar pesanan.


Sebagai penjual, kamu tidak perlu repot mengurus kapan penjemputan kurir logistik. Jika kamu sudah hampir selesai dalam proses memasak dan packaging, kamu bisa klik ‘Request Pick up’ untuk setiap pesanan yang telah dibuat.


Terkadang kurir logistik mengalami kesulitan saat mencari alamat pembeli. Beruntung Yummyshop memperhatikan hal ini. Saat pembeli mengecek kembali pesanannya sebelum melakukan konfirmasi, pembeli dapat menulis detail alamat dan menambah titik lokasi alamat agar informasi yang diterima kurir lengkap. Hasilnya, proses pengiriman akan berlangsung dengan tepat dan teratur sehingga resiko salah alamat berkurang. Ini memberikan poin plus kepercayaan pembeli kepada kamu selaku penjual.


Mengubah Pesanan, Pembatalan dan Refund

Bagaimana jika terjadi perubahan pada tanggal pengiriman? Tenang saja, pembeli dapat menginformasikan hal tersebut ke penjual. Dengan Yummyshop, penjual dapat dengan mudah merubah jadwal pengiriman bila pesanan masih dalam status ‘menunggu konfirmasi’.

Baca juga: Praktis Pilih Pembayaran Online di Yummyshop

Kita mengerti, bahwa pembeli adalah raja dan terkadang dapat plin-plan saat memilih sebuah produk pesanan sehingga kamu harus merubah atau bahkan membatalkan sebuah pesanan. Yummyshop sudah mengantisipasi hal ini terlebih dahulu. Pada aplikasi, kamu dapat melakukan perubahan ataupun pembatalan sebuah pesanan jika status pesanan masih dalam tahap ‘Menunggu Konfirmasi’, yang berarti pembeli belum mengecek dan mengkonfirmasi pesanannya. Namun bagaimana jika pembeli sudah melakukan pembayaran? Tenang, kamu masih dapat melakukan pembatalan tersebut selama pesanan belum dikirim ke pembeli. Aman bukan?


Perihal refund, uang yang diterima oleh Yummyshop pada saat pembayaran akan otomatis masuk ke balance yummyshop penjual sehingga penjual dapat mengembalikan uang tersebut dengan mudah.


Solusi Praktis Berbisnis Makanan Online

Mau jualan makananmu dibantu dengan Yummyshop? Download Yummyshop dan gunakan sekarang! Atau kamu bisa hubungi CS Yummyshop di: +62 812 3174 1949 atau dapat menghubungi kami via e-mail ke shop@yummykitchen.com. Jangan lupa juga untuk follow Instagram kami di @yummyshopnow ya!

Baca juga: Info Berjualan Kuliner Dengan Yummyshop
100 views0 comments

Recent Posts

See All