Search

5 Cara Mengembangkan Brand Restoran Anda


cara mengembangkan brand restoran kamu

Perkembangan bisnis restoran di Indonesia saat ini sangat pesat, setiap waktu selalu saja muncul restoran-restoran baru yang menawarkan berbagai jenis hidangan hingga inovasi-inovasi kuliner yang beragam.


Banyak sekali brand-brand restoran yang muncul tidak bertahan lama dan kemudian tutup atau mengalami kerugian. Persaingan yang ketat menjadi faktor utama yang menyebabkan banyak sekali brand restoran yang tutup.


Baca juga: 5 Tips Mengembangkan Usaha Kuliner Rumahan


Sebagai pemilik usaha restoran, anda perlu mengetahui bagaimana caranya mengembangkan usaha restoran anda seiring dengan persaingan yang sangat tinggi ini.


Berikut cara yang bisa anda gunakan untuk mengembangkan brand restoran anda!


1. Orientasi pada pelanggan


Pelanggan harus menjadi prirotas anda dalam mengembangkan brand restoran, banyak sekali usaha-usaha kuliner tutup karena tidak bisa memenuhi keinginan pasar atau pelanggan yang ada. Hal ini tentunya akan berdampak pada perkembangan bisnis tersebut.


Seringkali brand-brand restoran tersebut hanya berorientasi pada sudut pandang pemilik restoran, bukan pada sudut pandang pelanggan. Contohnya saja over eksekusi pada dekorasi restoran namun produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang rendah. Contoh lain adalah hanya fokus pada pengembangan produk tanpa memperhatikan kenyamanan layanan dine-in


Orientasi pada pelanggan artinya anda mencoba memenuhi semua ekspektasi dan keinginan dari pelanggan dari semua aspek, bukan hanya dari satu aspek saja. Untuk brand restoran yang utama adalah kualitas makanan/minuman, suasana, harga dan kemudahan akses.


2. Lokasi restoran


Lokasi restoran sangat menentukan perkembangan brand anda. Memilih lokasi strategis di tengah kota tentu menjadi prioritas utama, namun akan dilakukan oleh semua brand dan memerlukan biaya yang sangat mahal.


Lokasi strategis bukan hanya di tengah kota, namun anda harus bisa menentukan dimana pasar yang sesuai dengan brand restoran anda. Artinya anda menyesuaikan lokasi dengan produk yang anda tawarkan.


3. Riset kompetitor


Riset kompetitor bisa anda lakukan saat anda sudah memiliki bisnis dan ingin mengembangkannya. Pada brand kuliner, anda bisa melakukan riset kompetitor dengan melihat value apa yang kompetitor anda tawarkan dan yang tidak anda tawarkan. Anda bisa melihat adanya celah pengembangan pada aspek ini.


Anda bisa memberikan value lebih besar dari apa yang kompetitor anda tawarkan atau memberikan value lain yang bisa memuaskan pelanggan anda yang tidak bisa mereka dapatkan di kompetitor anda.


Riset kompetitor ini perlu anda lakukan secara berkala karena tentunya kompetitor juga tidak berhenti melakukan inovasi dan juga munculnya kompetitor-kompetitor baru ditengah ketatnya bisnis restoran di Indonesia.


4. Menjaga kualitas makanan dan minuman anda


Kualitas makanan dan minuman yang baik haruslah selalu dijaga setiap waktunya, pelanggan anda akan terus datang ke restoran and ajika anda menjaga kualitas makanan dan minuman anda tetap baik. Brand restoran anda secara tidak langsung akan lebih mudah berkembang karena adanya rasa percaya dari para pelanggan tentang kualitas makanan dan minuman anda.


Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Makanan untuk Ekspansi Bisnis Kuliner


Menjaga kualitas makanan dan minuman diperlukan effort yang konsisten dan teratur, anda perlu melakukan kontrol kualitas secara berkala dan memiliki prosedur penanganan yang tepat pula.


5. Digitalisasi brand restoran


Digitalisasi menjadi sebuah kewajiban saat ini, tidak terkecuali brand restoran, meskipun brand restoran banyak menggunakan pasar offline daripada pasar online. Namun visibilitas brand secara online atau digital haruslah kuat agar brand restoran anda tetap bisa diingat oleh pasar.


Digitalisasi ini bisa anda lakukan dengan membuat website anda sendiri, memiliki media sosial yang aktif berinteraksi dengan pelanggan anda, melakukan promosi-promosi secara digital kepada target pasar anda. Digitalisasi bisa membuat brand restoran anda menjangkau lebih banyak pelanggan dan memudahkan anda dalam mengembangkan brand anda.


Kembangkan brand restoran anda dengan bergabung di Yummykitchen


Yummykitchen sebagai penyedia layanan cloud kitchen nomor 1 dan terbesar di Indonesia bisa menjadi pilihan anda jika ingin mengembangkan brand restoran. Dengan bergabung menjadi mitra Yummykitchen, anda hanya perlu fokus pada pengembangan produk anda, pemasaran brand dan produk akan dilakukan oleh Yummykitchen.


Sebagai penyedia cloud kitchen yang memiliki 100 outlet di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Medan. Yummykitchen memudahkan brand anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan membuka pasar baru.


Tanpa biaya pendaftaran dan biaya sewa, anda bisa bergabung menjadi mitra Yummykitchen melalui laman ini.

1 view0 comments