Search

Cara Menjaga Kesegaran Bahan Pangan untuk Bisnis Kuliner


Cara Menjaga Kesegaran Bahan Pangan untuk Bisnis Kuliner

Menjalankan bisnis kuliner? Kesegaran makanan tentu jadi salah satu concern. Kamu tentu ingin agar pembeli menerima makanan dalam kondisi yang baik dan segar. Namun terkadang pengiriman yang lama membuat makanan kurang optimal kondisinya saat diterima. Apalagi jika kamu menangani semua pengirimanmu sendiri dan harus mengantarkan satu persatu ke konsumen.


Baca juga: Tips Menjaga Kualitas Makanan untuk Ekspansi Bisnis Kuliner


Berikut cara menjaga kesegaran bahan pangan untuk bisnis kuliner!


1. Memilih media penyimpanan yang sesuai


Media penyimpanan makanan haruslah diperhatikan dengan baik dan disesuaikan dengan jenis makanan yang akan anda produksi. Media penyimpanan yang biasa digunakan adalah penyimpanan beku dan penyimpanan kering.


Pada penyimpanan beku, biasanya digunakan untuk bahaan-bahan makanan yang mudah mengalami kontaminasi seperti daging, ikan, dan ebagainya.


Media penyimpanan kering biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai jenis bumbu sebagai bahan tambahan pada masakan.


2. Pisahkan jenis bahan


Jenis bahan pangan juga harus memiliki tempat khusus sesuai dengan jenisnya. Setiap jenis bahan pangan harus diletakan pada tempat yangsesuai dan memiliki media penyimpanannya sendiri, hal ini untuk mencegah adanya kontaminasi silang antar bahan pangan.


Sebagai bisnis kuliner yang harus memiliki beragai jenis bahan pangan, proses sortir dan penyimpanan ini haruslah benar-benar diperhatikan jika ingin menjaga kesegaran bahan pangan.


3. Sterilisasi dapur


Dapur merupakan pusat segala operasional bisnis kuliner, oleh karena itu keberishan dapur haruslah sangat diperhatikan.


Standar kebersihan dan keamanan dapur bisa anda terapkan melalui sertifikasi GMP dan HACCP, hal ini guna menjaga ksegaran makanan yang anda produksi.


4. Permudah flow produksi

Sebagai bisnis yang mengguanakan bahan pangan segar, bisnis kuliner harus lah memiliki flow yang cepat dan tidak memakan waktu, flow mulai dari kedatangan bahan hingga proses produksi dan prngiriman haruslah dilakukan sesegera mungkin.


Hal ini untuk mencegah kerusakan bahan segar karena terlalu lama disimpan atau kerusakan selama proses pengiriman makanan.


Cloud kitchen oleh Yummykitchen


Yummykitchen saat ini memiliki outlet yang tersebar luas di seluruh Jakarta, dengan lokasi-lokasi strategis di setiap pusat keramaian. Standar operasional yang tinggi dan jumlah outlet yang lebih dari 100 menjadikan Yummykitchen sebagai operator cloud kitchen nomor 1 dan terbesar di Indonesia.


Yummykitchen saat ini sedang membuka partnership dengan brand atau mitra yang ingin bergabung di layanan cloud kitchen melalui lama ini


Segera bergabung, dan kembangkan bisnis anda secara cepat dan minim biaya!

30 views1 comment