Search

Customer Retention, Strategi Bikin Pelanggan Repeat Order!

Updated: Sep 19


Customer Retention, Strategi Bikin Pelanggan Repeat Order!

Jika kamu seorang pebisnis kuliner dan terlalu fokus menjaring pelanggan baru, itu adalah suatu langkah yang keliru loh. Harusnya, kamu juga memikirkan cara bagaimana pelanggan lama bisa naksir berat sama produk kulinermu dan bisa repeat order terus-terusan. Kamu bisa pakai strategi customer retention yang paling mudah untuk diaplikasikan tanpa memakan banyak waktu dan tenaga.


Apa sih customer retention itu? Bila dijelaskan secara umum, customer retention adalah suatu cara yang digunakan untuk mempertahankan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan transaksi dan profit/keuntungan.


Bahkan berdasarkan penelitian, dengan adanya peningkatan dan keberhasilan dari strategi customer retention rate sebesar 5% saja ternyata dapat membuahkan hasil keuntungan lebih dari 25%. Berdasarkan fakta tersebut, maka customer retention tentu amat penting bagi keberlangsungan sebuah bisnis kuliner.


Baca Juga: Harga Bahan Baku Naik, Pebisnis Kuliner Wajib Lakukan Ini


Tertarik untuk mencoba? Berikut beberapa contoh strategi yang bisa kamu programkan atau kamu kampanyekan pada bisnis kulinermu!


1 . Membangun User Experience

Strategi pertama yang bisa kamu gunakan dan paling mendasar adalah membangun user experience yang mengesankan. Cara yang bisa dilakukan antara lain berikan pelayanan yang ramah serta menjalin komunikasi dan hubungan baik dengan pelanggan baik komunikasi oral maupun di media sosial. Citra baik seperti itu, merupakan kunci utama yang wajib diadakan untuk menciptakan rasa nyaman serta membuat pelanggan bisa bertahan dan kembali bertransaksi pada bisnis kulinermu dikemudian hari.


2. Customer Royalty

Customer loyalty adalah pemberian penghargaan khusus bagi para pelanggan. Dengan memberikan penawaran tersebut, kamu bisa mendorong pelangganmu secara tidak sadar agar mereka bisa mengulang transaksi atau pembelian. Bentuk penghargaan tersebut bisa dengan promo khusus, voucher pembelian diskon, kupon hadiah dan sebagainya. Selain meningkatkan penjualan, pelanggan juga akan setia bertahan pada bisnis kulinermu karena benefit yang ia terima tersebut.


3. Lampaui Ekspektasi Pelanggan

Strategi selanjutnya untuk customer retention adalah dengan melampaui ekspektasi pelanggan atas produk yang ia beli dari bisnis kulinermu. Hal tersebut tentu mampu mengesankan pelanggan secara langsung. Kamu bisa memberikan bonus berupa hal-hal kecil yang menarik seperti ekstra sambal, ekstra susu, dan sebagainya. Apapun yang berbau ekstra dan gratis pasti akan membuat pelanggan girang bukan kepalang. Sajikan juga packaging yang rapih dan unik dengan kartu ucapan yang manis. Dengan begitu, kamu telah menciptakan atmosfer dan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan dan membuat mereka jadi royal customer.


4. Memanfaatkan Social Proof

Social proof disini diartikan sebagai bentuk validasi kuat dari orang lain yang memiliki pengruh kuat terkait sebaik apa kualitas dari bisnis kulinermu. Di era digital saat ini, program social proof bisa dilakukan pada platform internet dan sosial media. Contohnya, kamu bisa menyarankan kepada pelanggan yang telah membeli produkmu untuk memberikan honest review di media sosial, dan selanjutnya kamu bisa repost di akun sosial media resmi dari bisnis kulinermu. Selain membuat pelanggan merasa senang untuk order lagi karena merasa ternotice dan terkenal, kamu juga bisa meyakinkan calon pelanggan baru agar bisa membeli dan jadi pelanggan tetap yang baru pada bisnis kulinermu.


Kamu bisa memanfaat salah satu atau secara keseluruhan dari program customer retention diatas. Hanya saja, perlu diperhatikan semua contoh strategi diatas haruslah dilakukan dengan persiapan yang matang agar menghasilkan feedback yang baik pula.


Selain strategi penjualan lewat customer retention diatas, manajemen pada bisnis kuliner juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Untuk mempermudah hal tersebut, kamu bisa lho join ke Yummyshop!


Yummyshop ialah salah satu aplikasi manajemen bisnis kuliner. Dengan pakai Yummyshop kamu nggak perlu khawatir lagi soal manajemen order, laporan penjualan, dan metode pembayaran.


Yummyshop, solusi praktis bisnis kuliner online!



50 views0 comments

Recent Posts

See All