Search

Ghost kitchen, Bisnis Kuliner yang Marak di Saat Pandemi

Updated: Mar 17


ghost kitchen


Di masa pandemi, masalah bisnis sangat beragam. Salah satunya adalah permasalahan yang dihadapi oleh pemilik usaha kuliner yang tidak memiliki pelanggan namun tetap memiliki biaya operasional yang tinggi. Selain terus membayar karyawan Anda, Anda juga harus terus membayar bulanan untuk memelihara outlet. Model bisnis ini sedang berkembang pesat di Indonesia.


Ghost Kitchen mungkin bisa menjadi solusi yang Anda cari. Ghost Kitchen/Cloud Kitchen adalah konsep bisnis kuliner yang populer. Sebagai konsep yang menyenangkan, Ghost Kitchen tidak menawarkan kesempatan makan dan bawa pulang seperti outlet biasa, melainkan hanya sistem pesan antar. Salah satu penyedia jasa ghost kitchen terbesar di Indonesia adalah yummykitchen. Berikut beberapa kelebihan Ghost Kitchen disbanding model bisnis makanan lainnya!

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen? Dan Bagaimana Konsep Bisnisnya? 

Fokus Memaksimalkan Kualitas

Dengan menggunakan ghost kitchen, biaya operasional bukan lagi jadi masalah. Kini kamu bisa lebih fokus pada kualitas produk yang kamu buat. Selain bahan baku dan proses pembuatan yang lebih cepat dan terjamin, kamu juga bisa lebih banyak mengalokasikan dana pada pengemasan produk, untuk memaksimalkan pelayanan pada pelanggan.


Selain kualitas produk, kamu juga bisa lebih efisien dalam meningkatkan kualitas karyawan. Tidak perlu merekrut banyak karyawan untuk menjalankan operasional, kamu cukup merekrut juru masak dan karyawan khusus untuk melakukan pengemasan pada produk yang dijual. Dengan begitu, alur bisnis dan anggaran bisa jauh lebih efektif dan efisien.


Mudah dan Minim Risiko

Sebagai pelaku usaha F&B, kemudahan yang didapat saat bergabung ke dalam cloud kitchen, Anda hanya perlu sewa dapur dan alat masak hingga sistem yang sudah terintegrasi dengan layanan pesan-antar dan aplikasi-aplikasi pembayaran. Sehingga biaya operasional dapat ditekan dan berfokus terhadap kualitas produk yang dijual serta pemasaran yang tepat.


Risiko yang didapat pun terbilang minim karena Anda hanya perlu menjaga kualitas produk yang ditawarkan selalu baik agar dapat mendapat ulasan yang positif dari konsumen. Ulasan konsumen pun dapat dipelajari untuk meningkatkan kualitas produk dan mendapatkan calon konsumen baru.


Kualitas produk lebih terjamin

Biaya operasional yang tinggi seringkali menimbulkan masalah pada rumah makan tradisional. Dilema seperti mempercantik restoran dan meningkatkan kualitas makanan membuat pelaku usaha F&B sulit berkembang. Ditambah dengan situasi pandemi saat ini yang membatasi pengunjung restoran, para pelaku bisnis F&B nekat memangkas biaya operasionalnya. Cloud Kitchen berupaya memberikan solusi yang mengurangi biaya operasional ini dengan hanya menawarkan persewaan dapur dan berbagai peralatan masak standar.

Jika peralatan dan infrastruktur cloud kitchen sudah berstandar tinggi, maka akan dihasilkan produk yang berkualitas tinggi dan terjamin. Hal ini juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap kualitas produk.


Hemat biaya operasional

Penggunaan dana yang tepat dan konservatif adalah segalanya dan final untuk bertahan dan menjual di masa-masa sulit. Namun, terkadang biaya operasional yang sangat tinggi meningkatkan anggaran bisnis. Hal ini membuat konsep ghost kitchen menjadi sangat menarik. Karena bisa mejual makanan tanpa biaya operasional yang tinggi. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan lain yang lebih penting bagi bisnis Anda.


Menjangkau Pelanggan yang Lebih Luas

Penyedia Ghost Kitchen cenderung memilih lokasi strategis yang membantu menjangkau lebih banyak pembeli tanpa harus repot mencari pelanggan. Operator biasanya menawarkan layanan pengiriman seperti GrabFood, GoFood, dan Shopee Food untuk membantu proses pengiriman produk yang mereka jual. Untuk lebih memaksimalkan layanan Anda, Anda dapat mencari aplikasi point-of-sale online yang bekerja sama dengan penyedia Ghost Kitchen dengan penawaran menarik.


Pandemi telah mengubah perilaku konsumen saat membeli makanan dan minuman, sehingga banyak orang tidak datang atau makan di restoran untuk mengendalikan penularan virus. Akibatnya, perilaku membeli bahan makanan di Internet telah meningkat secara dramatis. Transaksi dilakukan secara online, sehingga para pebisnis F&B lebih fokus menjalankan aktivitas bisnis online dan mengembangkan bisnis di dunia digital.


Fokus untuk memaksimalkan kualitas

Dengan Ghost Kitchen, biaya operasional tidak lagi menjadi masalah. Kini Anda bisa lebih fokus pada kualitas produk yang Anda buat. Selain bahan baku dan proses manufaktur yang lebih cepat dan aman, Anda juga dapat mengalokasikan lebih banyak uang untuk pengemasan produk Anda untuk memaksimalkan layanan pelanggan.


Selain kualitas produk, Anda juga dapat meningkatkan kualitas karyawan dengan lebih efisien. Anda tidak perlu mempekerjakan banyak staf untuk menyelesaikan pekerjaan, cukup koki dan staf khusus untuk mengemas produk yang dijual. Dengan cara ini, proses bisnis dan anggaran bisa jauh lebih efektif dan efisien.


Sederhana dan berisiko rendah

Sebagai pelaku bisnis F&B, Anda mendapatkan kemudahan yang didapat saat bergabung dengan Ghost Kitchen. Anda tinggal menyewakan dapur dan peralatan makan dalam sistem yang terintegrasi dengan layanan delivery dan aplikasi pembayaran. Mengurangi biaya operasional dan memungkinkan Anda untuk fokus pada kualitas produk yang Anda jual dan pemasaran yang tepat. Risiko yang Anda terima juga bisa diminimalisir karena Anda hanya perlu menjaga kualitas produk yang ditawarkan dalam kondisi baik agar mendapatkan review positif dari konsumen. Anda juga dapat meneliti ulasan konsumen untuk meningkatkan kualitas produk dan menarik calon pelanggan baru.


Ghost Kitchen di Yummykitchen

Salah satu penyedia Ghost Kitchen terbesar di Indonesia adalah Yummykitchen, sebagai operator Ghost Kitchen no 1 di Indonesia, outlet Yummykithcen sudah terbesar di seluruh jabodetabek dan kota-kota besar seperti Bandung dan Surabaya. Yummykitchen menawarkan jasa Ghost Kitchen tanpa biaya pendaftaran dan biaya bulanan, hal ini karena Yummykitchen menggunakan model bisnis bagi hasil, dimana brand atau mitra yang bergabung akan membayar berdasarkan pendapatan dapur yang disewa bukan berdasarkan biaya sewa. Hal ini tentu akan menguntukan bagi mitra yang ingin bergabung karena mitra hanya perlu fokus pada pengembangan produk saja, semua operasional dapur sudah diatur oleh Yummykitchen. Untuk Bergabung menjadi mitra Yummykitchen, silahkan kunjungi laman ini.



93 views0 comments