Search

Harga Bahan Baku Naik, Pebisnis Kuliner Wajib Lakukan Ini


cara mengatasi bahan baku naik dan tidak stabil

Berdasarkan laporan, harga bahan baku industri makanan dan minuman di dalam negeri melonjak hingga 20%. Hal ini tentu menjadi perhatian penting bagi para pebisnis kuliner.

Lalu, apa yang akan terjadi akibat kenaikan harga bahan baku ini?


Bagaimanapun, bahan baku merupakan unsur paling mendasar dari sebuah bisnis kuliner, sehingga mungkin kenaikan harga ini akan berdampak besar mulai dari berubahnya harga jual produk makanan dan minuman, pengurangan jumlah produksi, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, kamu perlu menyiapkan sejumlah cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ketidakstabilan atau kenaikan bahan baku ini supaya bisnis kulinermu bisa tetap berjalan optimal yang tentunya tidak merugikan kamu serta para pelanggan.


Baca Juga: 7 Tips Optimasi Bisnis Kuliner Online 

Berikut beberapa cara dan langkah jitu yang bisa kamu terapkan!


1. Cari Alternatif


Mencari alternatif yang dimaksud dalam hal ini ialah mencari pengganti atau sumber lain yang lebih murah dan terjangkau dari bahan baku sebelumnya, apalagi yang masih bersifat umum dan mudah ditemukan dipasaran. Tapi perlu diingat, penggantian bahan baku ini haruslah disesuaikan dengan harga jual yang ditargetkanagar tetap efisien serta tidak mengubah cita rasa makanan atau minuman pada bisnis kulinermu.


2. Ubah Metode Pembayaran Pemasok


Jika sebelumnya kamu menggunakan tipe pembayaran cash to carry, maka ini saatnya kamu menggantinya menjadi pola kredit yang bisa dinegosiasikan dengan pemasok terlebih dahulu. Biasanya negosiasi ini dilakukan dengan penyesuaian jumlah pembelian dan lama durasi pembayaran. Apa manfaatnya bagi bisnis kulinermu? Tentu saja akan mempermudah kamu saat melakukan sisasat cashflow yang mungkin akan terjadi dikemudian hari.


3. Penyesuaian Ukuran Produk


Penyesuaian ukuran atau resize produk makanan dan minuman pada bisnis kulinermu bisa dilakukan saat mengalami kondisi kenaikan bahan baku. Dengan melakukan praktek ini, kamu tidak perlu menaikkan harga jual loh. Bahkan kamu bisa mengurangi harga yang masih bisa ditoleransi demi mengamankan jumlah keuntunganmu. Kamu tetap dapat laba, pelanngganmu tetap bahagia!


Baca Juga: 3 Kesalahan yang Harus Dihindari Pada Bisnis F&B Milikmu 

4. Inovasi Penjualan


Inovasi ini berkaitan dengan sebuah terobosan baru dari skema penjualan pada bisnis kulinermu Kamu bisa menggunakan pilihan skema paket atau langganan. Contohnya untuk skema paket, kamu bisa menyediakan makanan plus minuman dalam satu menu dengan harga yang affordable. Dengan begitu, subsidi silang akan terjadi serta bisa memudahkan serta menarikpelaggan untuk melakukan bahkan menambah transaksi.

20 views0 comments