Search

Jangan Buka Bisnis Kuliner Hanya karena Trend, Ini Alasannya

Updated: Sep 19


Jangan Buka Bisnis Kuliner Hanya karena Trend, Ini Alasannya

Halo Teman Yummy! Kamu masih ingat nggak soal menu es kepal Milo yang jadi trend beberapa tahun lalu? Sempatkah kamu memilki ide gila untuk ikut berjualan juga?


Memang, tidak bisa dipungkiri banyak dari masyarakat awam sampai para pelaku bisnis kuliner ikut membuka booth disegala sudut kota dan berharap keuntungan yang terus menerus mengalir dari jenis bisnis tersebut karena dirasa cukup laris berkat iming-iming viral dan super kekinian.


Baca Juga: Strategi Penetuan Harga Jual Bisnis Kuliner Agar Tetap Cuan


Tapi sayang, dalam kenyataanya umur bisnis tersebut hanya bertahan sekitar lebih kurang 6 bulan dan langsung merosot tajam tergantikan dengan trend kuliner lain yang lebih baru dan lebih menarik perhatian.


Hah, kok bisa? Tentu, seperti kita ketahui bersama bahwa sifat dan minat pelanggan sebagai manusia adalah dinamis, mudah bosan dan mudah tergantikan. Maka dari itu, banyak sekali pelaku bisnis kuliner yang tanpa adanya persiapan matang dengan mengandalkan trend saja pasti akan merugi dan terancam gulung tikar dari bisnisnya tersebut.


Perlu digaris bawahi dan ditekankan saat hendak membuka bisnis kuliner kamu harus memiliki dan mempersiapkan konsep secara matang untuk menciptakan proses bisnis yang panjang dan tetap berkelanjutan. Maksudnya, jika kamu ingin berbisnis dibidang ini maka kamu haruslah menlahirkan produk yang “permanen” yang bisa melekat dihati pelanggan selamanya.


Baca Juga: 11 Cara Membuka Usaha Kuliner


Kamu haruslah menciptakan produk yang sudah teruji rasa, minat, dan kua

litasnya bukan hanya sekedar trend dan viral saja. Selain fokus pada menu, kamu juga perlu merencanakan hal-hal lain secara mendalam seperti lokasi, target customer atau segmentasi alur produksi, distribusi, pencatatan keuangan, dan lain sebagainya.


Jangan jadikan trend sebagai landasan bisnis kulinermu, tapi jadikanlah bisnis kulinermu sebagai trend dimata pelangganmu. Jangan jadikan bisnismu sebagai followers, tapi jadikan bisnismu sebagai pioner. Tekun melakukan persiapan, riset, serta karkakter kuat tentu akan membuat bisnis kulinermu berkembang pesat dan akan bisa berdiri kokoh dalam kurun waktu yang lama.


Nah, kabar baik nih buat kamu yang lagi perisapan atau sudah jalanin bisnis kuliner tapi bingung atau strategi pemasaran dan promosinya. Yummykitchen hadir dan bisa jadi jawaban semua kebingungan kamu!


Yummykitchen menyediakan solusi operator full-service Cloud Kitchen yang membantu bisnis kulinermu berkembang pesat secara mudah dengan investasi minimum. Kami telah memiliki Dapur Bersama lebih dari 50 lokasi di Indonesia seperti Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan Medan. Berbeda dengan sistem bisnis franchise, kami akan mengurus segala keperluan seperti sewa tempat, pekerja dan biaya operasional sehingga memudahkan kamu untuk melakukan ekspansi bisnis tanpa harus mengeluarkan banyak modal dan dengan cepat menjangkau konsumen lebih luas.


Yuk, gabung jadi brand partner Yummykitchen segera dengan klik link berikut ini!

16 views0 comments

Recent Posts

See All