Search

Jenis Packaging Makanan yang Terbaik untuk Bisnis Kamu


Jenis Packaging Makanan yang Terbaik untuk Bisnis Kamu

Kemasan makanan saat ini semakin berkembang dan variasi pilihannya semakin banyak. Bisnis kuliner dengan berbagai jenis produk makanan, mulai dari makanan basah hingga makanan kering tentunya memerlukan kemasan yang sesuai dengan jenis makanan tersebut.


Selain harus sesuai dengan jenis makanan, kemasan yang digunakan juga harus menjadi cir khas dari brand makanan tersebut, sehingga mudah diidentifikasi oleh masyrakat ketika membeli atau melihat kemasan makanan tersebut. Bisnis makanan yang berkembang saat ini, jika digabungkan dengan pemilihan kemasan yang tepat, bisa menjadi nilai tambah yang tinggi untuk bersaing dan berkembang dari kompetior.


Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Brand Restoran Anda


Berikut 5 jenis packaging makanan untuk bisnis kuliner kamu


1. Pizzabox


Pizzabox tidak hanya digunakan untuk kemasan pizza, pizzabox yang mempunyai bentuk pipih dan lebar, bisa digunakan untuk berbagai jenis kemasan makanan. Pizzabox cocok untuk jenis makanan kering atau yang tidak terlalu basah.


Contoh makanan yang bisa menggunakan kemasan ini adalah kue-kue kering, cookies, jajanan pasar dan sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menambahkan ornamen tambahan pada pita dan atas kemasan dengan branding produk kamu.


Kamu juga bisa mengaplikasikan desain langsung dikemasan pizzabox dengan tone warna dari brand kamu.


2. Food pail


Jenis kemasan ini biasanya dijumpai pada makanan chinese dan juga lunch box yang berisi makanan berat yaitu nasi atau mie.


Kemasan food pail ini sangat cocok digunakan jika pruduk maknan kamu adalah makanan basah. Food pail bisa dikombinasikan dengan sumpit atau sendok plastik sebagai alat makan.


Kamu bisa menambahkan branding pada kemasan di sekeliling bagian luar food pail sesuai dengan jenis produk anda atau menambahkan informasi lain terkait produk kamu.


3. Muffin box


Muffin box adalah kemasan yang khusus dibuat untuk produk kue kue yang memiliki banyak ornamen diatasnya. Muffin box memiliki lubang di bagian bawah kemasan untuk membuat posisi kue di dalamnya tidak berantakan saat di bawa.


Jika kamu mempunya produk kue yang harus dijaga bentuknya, maka muffin box adalah pilihan tepat untuk produk kamu.


4. Paper bowl


Paper bown saat ini banyak digunakan untuk makanan basah atau makanan yang berkuah. Karena bentuknya yang seperti mangkuk namun terbuat dari kerta, kemasan ini banyak digunakan sebagai kemasan makanan.


Kemasan ini tahan panas dan tidak tembus air, sehingga sangat cocok untuk jenis makanan berkuah seperti bakso, mie dan sebagainya.


Untuk branding, anda bisa letakkan dibagian samping kemasan atau dibagian penutup atas kemasan.


5. Paper bag


Paper bag merupakan jenis kemasan yang paling sederhana dibandingkan jenis kemasan lain, kemasan ini biasanya terbuat dari bahan yang anti air dan minyak.


Kemasan jenis ini biasanya digunakan untuk makanan fast food seperti burger, kentang goreng, dan sebagainya. Karena kemudahan dan kepraktisannya kemasan ini banyak digunakan oleh banyak orang.


Jika bisnis anada adalah bisnis makanan fast food, kemasan ini sangat cocok dan branding bsia anda letakkan dibagian depan kemasan dengan menempelkan logo atau jenis produk anda.


Kembangkan bisnis kuliner anda dengan Yummykitchen


Yummykitchen menyediakan layanan cloud kitchen terbesar di Indonesia dengan jumlah outlet lebih dari 100 yang terletak di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Medan. Yummykitchen akan menjalankan semua operasional bisnis anda mulai dari pemilihan bahan baku, SDM dapur, proses pembuatan di dapur, packaging, pengantaran, hingga promosi.


Kamu hanya perlu fokus pada pengembangan produk kamu, sisanya akan kami urus, silahkan bergabung menjadi mitra kami melalui laman ini.

30 views0 comments

Recent Posts

See All