Search

Kenali Berbagai Jenis Cloud Kitchen di Indonesia


berbagai jenis cloud kitchen di indonesia

Cloud kitchen di Indonesia saat ini sedang berkembang pesat, istilah cloud sendiri sudah banyak orang yang tau, cloud bisa diartikan sebagai tempat penyimpanan virtual. Namun pada istilah cloud kitchen, artinya adalah dapur bersama yang dioperasikan oleh operator yang diisi oleh berbagai brand.


Cloud kitchen saat ini menjadi pilihan yang menarik bagi berbagai brand makanan karena berbagai keuntungan yang ditawarkan. Cloud kitchen bisa menjadi solusi bagi brand makanan yang ingin melakukan ekspansi bisnis tanpa modal yang besar dan resiko kerugian yang kecil. Jika dilihat dari jenisnya, berikut adalah berbagai jenis cloud kitchen yang ada di Indonesia.


1. Cloud kitchen Half Operator

Cloud kitchen jenis ini adalah jenis cloud kitchen dimana dalam satu dapur besar diisi oleh berbagai brand makanan dengan penyekatan tiap dapurnya. Brand akan mengirimkan pekerjanya ke dapur bersama ini untuk mengelola produk mereka.


Jenis cloud kitchen ini, biasanya akan membebankan partner brandnya untuk membayar di depan uang sewa cloud kitchen untuk operasionalnya.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen? Dan Bagaimana Konsep Bisnisnya?

2. Cloud Kitchen Full Operator

Pada jenis cloud kitchen ini, brand atau mitra yang bergabung hanya perlu mengirimkan makanan setengah jadi atau langsung melakukan request kepada operator tentang produk makanan yang ingin dibuat.


Operator akan mengatur semua jenis operasional mulai dari bahan baku, pekerja dapur, packaging, dan pengiriman kepada pelanggan. Cloud kitchen jenis ini membuat brand atau mitra hanya fokus pada pengembangan produk dan paling banyak diminati oleh brand makanan karena semua operasional sudah dilakukan oleh operator cloud kitchen.


3. Brand Online

Pada jenis cloud kitchen ini, operator cloud kitchen akan melaksanakan kegiatan operasional memasak atas nama brand atau mitra yang bergabung. Brand atau mitra hanya perlu fokus pada branding merk yang akan dipasarkan. Jenis cloud kitchen ini kurang lebih sama dengan cloud kitchen full operator, hanya saja brand atau mitra tidak mengirimkan makanan setengah jadi atau makanan beku ke dapur. Semua pembuatan hingga pengiriman dilaksanakan oleh operator cloud kitchen. Jadi resiko yang biasa dihadapi adalah brand partner tidak dapat menjaga secara langsung kualitas bahan baku yang dihasilkan oleh operator.

Baca juga: Ghost kitchen, Bisnis Kuliner yang Marak di Saat Pandemi

Setelah mengetahui berbagai jenis cloud kitchen yang ada di Indonesia, Anda juga perlu memilih cloud kitchen apa yang paling menguntungkan bagi Anda.


Yummykitchen Sebagai Pilihan Cloud Kitchen

Yummykitchen sebagai operator cloud kitchen terbesar di Indonesia memiliki layanan cloud kitchen yang sangat menguntungkan bagi brand atau mitra yang bergabung dan resiko kerugian yang minim jika dibandingkan operator cloud kitchen lainnya.


Yummykitchen menawarkan sistem full operator dan tidak ada biaya pendaftaran dan sewa dapur. Biaya akan dibebankan melalui sistem bagi hasil, dimana keuntungan dapur akan dikalkulasi dan keuntungan itulah yang akan digunakan sebagai biaya sewa. Model bisnis ini tentunya sangat menguntungkan bagi brand atau mitra. Tanpa biaya pendaftaran dan biaya sewa, brand atau mitra bisa fokus pada pengembangan produk tanpa memikirkan operasional. Semua data penjualan dan data keuangan akan dijalankan oleh Yummykitchen dan brand atau mitra tinggal menerima hasilnya saja.


Selain itu, sudah lebih dari 50 lokasi cloud kitchen yang dioperasikan oleh Yummykitchen tersebar di seluruh Jadetabek, Bandung, Medan dan Surabaya. Lokasi dapur juga berada di tengah kota, sehingga memudahkan proses pengiriman makanan kepada pelanggan. Hal ini tentunya akan menambah tingkat kepuasan pelanggan.


Jika Kalian ingin bergabung menjadi brand atau mitra dari Yummykitchen silahkan kunjungi laman ini.

82 views0 comments