Search

Tips Memulai & Menjalankan Usaha Catering


Tips Memulai & Menjalankan Usaha Catering rumahan dan kantoran

Hi Teman Yummy!

Kamu si jago masak-masak dan mau coba peluang didunia kuliner?


Salah satu tipe usaha kuliner yang banyak digemari dan memiliki omset yang lebih besar adalah catering. Hal ini karena mayoritas dari konsumen pasti akan memesan dalam jumlah banyak misalnya untuk acara keluarga, kegiatan sekolah/kampus, persediaan rutin kantor, dsb. Terbayang bukan keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika berhasil memulai dan menjalankan usaha tersebut?


Tapi perlu digaris bawahi, memulai dan menjalankan suatu usaha catering baik secara kecil-kecilan (rumahan) atau langsung berbentuk dapur besar sekalipun pasti diperlukan niat, konsistensi, serta cara/strategi yang harus dipersiapkan secara matang agar tercipta usaha yang sukses dan bisa terus berkembang kedepannya.


Baca Juga: Tips Meningkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda 

Bagi kamu yang sudah yakin untuk memulai dan menjalankan usaha catering, berikut beberapa tips yang bisa jadi pedomanmu!


1. Tentukan Jenisnya

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis catering yang akan dipasarkan dan dijalankan agar bisa lebih fokus kedepannya. Beberapa jenis yang bisa kamu pilih dan mungkin kamu kuasai antara lain catering rumahan, pesta, kantoran, atau sekolahan.


2. Bentuk Brandmu Seunik Mungkin

Keunikan dalam nama pada brand catering tentu akan sangat membekas di hati pelanggan. Pilihlah nama brand dengan arti yang baik, karena segala hal yang baik tentu akan menghantarkan usahamu pada keberuntungan. Setelah dapat nama, langkah selanjutnya ialah pembuatan ciri khas logo. Logo disini juga amat penting sebagai identitas utama usaha cateringmu dan bisa kamu aplikasikan sebbagai stiker atau label pada produk yang akan kamu pasarkan.


3. Siapkan Modal

Tidak bisa dipungkiri, jika kamu ingin membuka usaha catering maka modal yang harus kamu siapkan tergolong cukup besar. Tapi tenang, kamu bisa membuat strategi pengeluaran modal seminim mungkin dengan menyesuaikannya dengan jenis cateringmu. Misal kamu ingin membuka catering rumahan, berarti modal untuk penyewaan atau pembuatan tempat bisnis bisa ditekan dengan memanfaatkan rumahmu sementara waktu. Ini bukan saatnya berfikir keras, tapi berfikir cerdas!


4. Cari Supplier Berkualitas tapi Affordable

Supplier ini berkaitan juga dengan budget modal yang kamu miliki loh. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan modal minimal, kamu juga bisa mulai meriset supplier bahan baku/pangam makanan yang berkualitas namun masih bisa menyesuaikan kantongmu. Bahan yang berkualitas juga bisa menentukan kualitas rasa dari makanan.


Baca Juga: Cara Menjaga Kesegaran Bahan Pangan untuk Bisnis Kuliner

5. Asah Kemampuan Memasak

Usaha kuliner terutama catering pasti bertumpu pada kemampuan kamu saat mengola bahan baku jadi sebuah sajian menu makanan yang enak. Untuk mewujudkan hal tersebut, kamu haruslah mengasah kemampuan memasakmu atau chef lain yang ikut bergabung dengan usahamu. Semakin banyak praktek dan pengalaman, maka kelezatan tiada dua siap memanjakan dan memikat pelangganmu.


6. Siapkan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang mumpuni merupakan hal wajib yang harus dipenuhi dalam usaha catering karena akan menyediakan makanan dalam jumlah yang cukup besar. Mulai lah dengan persiapan desain dan tata letak dapur, kelengkapan peralatan memasak, dan lain sebagainya. Semakin baik sarana dan prasarana, usaha cateringmu akan berjalan sesuai rencana.


7. Sediakan Penawaran Menarik

Penawaran disini bisa berbentuk promo atau diskon yang bisa menarik perhatian pelangganmu. Untuk awal pembukaan, pasti kamu kerap menemui banyak pelaku usaha kuliner membuat kampanye besar-besaran. Untuk usaha catering, beberap penawaran yang bisa kamu aplikasikan seperti sediakan paket catering, sediakan promo atau diskon tertentu di haari-hari pilihan, promo grand opening, dan masih banyak lagi.


Baiklah, sampai sini kamu sudah siap dan mantap untuk memulai dan menjalankan usaha catering. Namun perlu diingat, sebuah usaha kuliner terutama catering tentu memerlukan pengelolaan yang tertata. Maka dari itu, Yummyshop hadir untuk mendampingi dan bertumbuh bersamamu. Dengan gratis biaya layanan, melalui aplikasi Yummyshop, kamu dapat menghemat waktu dalam mengatur pengiriman, serta pencatatan penjualan.


Bergabunglah dengan kami dan 2000 merchant lainnya.

Bisnis tumbuh cepat, investasi minim, bebas ribet!

22 views0 comments

Recent Posts

See All