Search

5 Tips Mengembangkan Usaha Kuliner Rumahan!

Updated: Mar 17


5 Tips Mengembangkan Usaha Kuliner Rumahan


Usaha kuliner rumahan saat ini mulai digemari oleh banyak orang untuk memulai usaha, karena usaha ini berasal dari rumah, maka akan menghemat berbagai pengeluaran seperti biaya sewa dan lokasi. Bisnis kuliner rumahan sudah menjamur di hampir seluruh kota di Indonesia. Namun tidak sedikit juga yang akhirnya harus berhenti karena berbagai hal. Meningkatnya jumlah bisnis kuliner rumahan, tentunya membuat persaingan semakin tinggi pula.



Bisnis kuliner rumahan yang biasanya mengandalkan pasar digital sangat membutuhkan sebuah strategi untuk bisa berkembang dan bersaing, berikut tips mengembangkan usaha kuliner rumahan yang bisa anda coba!


1. Riset Pasar dan Kompetitor

Riset pasar dan kompetitor bisa dilakukan pada tahap pengembangan bisnis, walau sebaiknya dilakukan saat awal bisnis berjalan. Riset pasa dan kompetior sangat diperlukan agar kita mengetahui apa yang sebenrnya konsumen inginkan dan apa saja yang sudah dilakukan oleh kompetior untuk menggaet konsumen potensial yang ada di pasaran.


Setelah dilakukan riset ini, anda bisa mulai mengembangkan produk-produk yang sesuai dengan keinginan pasar dan membuat produk differensiasi dari competitor. Hal ini akan membuat posisi produk anda selangkah lebih maju dari kompetior karena sudah mengetahui produk apa dan apa yang pasar anda inginkan


2. Manajemen Operasional yang Baik

Semakin berkembang suatu bisnis, maka manajemen operasional harusnya semakin baik pula, hal ini untuk mencegah berbagai masalah yang bsia timbul seperti kesalahan pengolahan produk, pembelian bahan baku, kesalahan order dan sebagainya.


Yummy Shop bisa anda gunakan sebagai aplikasi manajemen operasional, Yummy Shop memiliki fitur pencatatan order, pilihan transaksi metode pembayaran, hingga pemilihan opsi pengiriman order sampai ke pelanggan.


3. Manajemen Keuangan yang Baik

Setiap transaksi haruslah dicatat dalam sebuah buku atau media yang lain, sehingga ketika anda akan melakukan audit mengenai keuangan anda. Catatan keuangan sangatlah penting untuk mengetahui seberapa banyak order yang masuk, seberapa banyak pengeluaran bulanan, hingga Riwayat transaksi setiap pelanggan anda. Jika manajemen keuangan anda buruk, maka pengembangan bisnis akan sulit dilakukan, hal ini karena anda tidak memiliki data keuangan yang bisa digunakan sebagai dasar pengembangan bisnis, jika salah menghitung maka, anda akan mengalami kerugian yang sangat besar atau kebangkrutan.


Yummy Shop juga menyediakan fitus laporan penjualan yang lengkap. Semua transaksi yang anda lakukan di aplikasi Yummy Shop akan tercatat secara digital dan rapi, data ini bisa anda lihat dan gunakan kapan saja sebagai bahan pertimbangan pengembangan bisnis atau hanya digunakan sebagai audit dasar dalam bisnis anda.


4. Sediakan Berbagai Metode Pembayaran

Saat ini, masyarakat sudah mulai beralih ke berbagai mata uang digital yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk anda memiliki berbagai metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan anda. Hal ini untuk memudahkan proses transaksi dan memudahkan pelanggan dalam membeli produk anda.


Yummy Shop dalam aplikasinya sudah menyediakan berbagai jenis metode pembayaran yang bisa dipilih oleh pelanggan untuk membeli makanaan dari merchant anda. Yummy Shop menyediakan semua mata uang digital mulai dari GoPay, OVO, ShopeePay, hingga kartu kredit dan bank transfer.


5. Pantau Produk Anda

Seringkali pelanggan menerima produk yang rusak selama proses pengiriman atau bermasalah saat pengiriman, inilah pentingnya untuk anda memantau bagaimana produk anda sampai kepada pelanggan. Saat ada masalah diperjalanan atau produk tidak sesuai, maka anda bisa langsung mengetahui dan memastikan kepada pelanggan anda mengenai perbaikan yang bisa dilakukan sesegera mungkin.


Yummy Shop sudah terintegrasi dengan berbagai jasa penyedia layanan antar pesanan yang bisa antau pantau secara langsung di aplikasi dan bisa dipilih juga oleh pelanggan ingin menggunakan jasa pengantaran yang sesuai. Hal ini akan memudahkan anda dalam memantau apakah pesanan pelanggan sudah sampai atau sudah sesuai dengan pesanan pelanggan anda.

Baca juga: 8 Ide Jualan Makanan yang Laris di Tahun 2022

Yummyshop sebagai aplikasi pengembangan bisnis

Yummyshop hadir untuk memudahkan para merchant dalam mengemabngkan bisnis kuliner yang sedang merchant jalankan atau kembangkan. Tersedia berbagai fitur yang memudahkan merchant dalam mengelola order mulai dari manajemen order, laporan penjualan, metode pembayaran ayng fleksibel, hingga beragam metode pengiriman.


Yummyshop bisa digunakan secara gratis oleh semua merchant, anda hanya perlu mendaftarkan diri anda pada laman ini jika anda tertarik untuk bergabung. Yummyshop terbukti menjadi aplikasi pengembangan bisnis kuliner yang sudah digunakan oleh lebih dari ribuan merchant, sekarang saatnya anda mengembangkan bisnis kuliner anda bersama Yummyshop.

43 views0 comments

Recent Posts

See All