Search

Tips Meningkatkan Efisiensi Bisnis Kuliner Anda


tips meningkatkan efisiensi bisnis kuliner anda

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang banyak diminati dan tidak akan pernah mati. Untuk mengembangkan bisnis kuliner, Anda juga perlu memikirkan matang-matang perencanaan dan efisiensi yang perlu dilakukan.


Bisnis kuliner kini bergerak mengikuti perkembangan zaman, dari inovasi rasa hingga penampilan. Ikuti selera pasar untuk membuat kemajuan besar di bidang bisnis ini.


Bisnis ini menguntungkan dan menggairahkan. Hal ini disebabkan persaingan yang ketat antar pelaku ekonomi kuliner. Oleh karena itu, kita harus selalu inovatif dan kreatif. Dan yang terpenting, kita perlu memikirkan cara untuk mengembangkan bisnis kuliner kita menjadi lebih progresif, dapat diterima konsumen dan tahan lama.


Baca juga: 7 Peluang Usaha Kuliner Kekinian


Efisiensi menjadi sebuah hal wajib yang perlu dilakukan oleh pebisnis kuliner, dengan menerapkan efisiensi yang baik, maka bisnis akan berkembang dan stabil.


Berikut adalah tips meningkatkan efisiensi bisnis kuliner yang bisa anda coba!


1. Menyediakan bahan segar sesuai stok


Penyediaan stok bahan segar ini sangat berpengaruh bagi efisiensi bisnis kuliner. Makanan dan minuman adalah produk yang cepat basi dan tidak bisa di daur ulang, oleh sebab itu, diperlukan flow yang baik antara bahan segar dan produk jadi. Bahan segar haruslah sesuai dengan jumlah makanan atau minuman yang diproduksi.


Namun alih-alih menyediakan bahan segar, anda justru melakukan pemborosan dengan menyetok terlalu bahan segar yang tidak bisa tahan lama, sehingga menyebabkan kerugian.


2. Evaluasi produk unggulan anda


Evaluasi produk membuat anda mengerti produk apa yang paling banyak diminati dan produk mana yang paling sedikit diminati, dengan mengetahui hal ini, anda bisa membuat sebuah perbandingan penilaian prioritas produk mana yang akan anda siapkan lebih banyak.


Melakukan evaluasi secara berkala dan baik akan membuat efisiensi biaya anda semakin tinggi. Anda akan lebih bisa mengatur pengeluaran anda hanya pada produk-produk yang bisa memberikan keuntungan yang besar, namun tetap menyediakan produk lain.


3. Gunakan apa yang ada


Jika anda adalah bisnis kuliner yang memiliki tempat dine-in atau restoran dine-in. Efisiensi bisa dilakukan dengan mendekor restoran anda dengan barang-barang yang sudah ada. Konsep-konsep baru tanpa menggunakan bahan baru bisa anda terapkan dengan kreativitas yang tinggi.


Namun perlu dijaga kenyamanan para pelanggan anda, untuk membuat tempat makan yang nyaman, tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat tinggi hanya untuk dekorasi.

Biaya proritas bisa anda gunakan untuk kebutuhan primer seperti meja, kursi, alat makan dan alat dapur.


4. Terapkan flow digital


Flow digital disini adalah anda menerapkan sebuah sistem digital untuk setiap pengeluaran dan pemasukan yang anda lakukan selama periode tertentu.


Mencatat secara detail setiap pengeluaran yang ada akan membantu anda dalam memahami flow bisnis anda seperti apa, ada banyak sekali celah efisiensi yang bisa anda temukan. Terkadang pada bisnis kuliner celah efisiensi ini bisa terdeteksi saat dilakukan audit atau flow secara detail. Digitalisasi juga perlu anda lakukan sehingga anda bisa memantau proses ini secara langsung dan cepat.


Pemborosan secara tidak terlihat biasanya banyak terjadi saat melakukan stok bahan segar, pemilihan alat-alat atau atribut dapur serta dekorasi tempat makan atau restoran anda.


5. Bergabung dengan Yummykitchen


Yummykitchen menyediakan layanan dapur bersama yang bisa anda pilih untuk efisiensi bisnis anda, tanpa perlu modal yang banyak dan waktu yang lama. Bisnis anda bisa berkembang dengan cepat dan biaya yang murah.


Yummykitchen menyediakan layanan cloud kitchen yang tersebar di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Medan. Saat ini sudah memiliki lebih dari 100 outlet yang bisa anda pilih.


Yummykitchen akan meng-handle segala operasional bisnis anda mulai dari pemilihan bahan baku, tenaga dapur, hingga pemasaran. Anda hanya perlu fokus pada pengembangan produk anda. Anda bisa bergabung menjadi brand atau mitra yummykitchen pada lama ini.


6. Menggunakan aplikasi Yummyshop


Yummyshop merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan efisiensi bisnis kuliner anda. Yummyshop menyediakan layanan yang lengkap mulai dari pencatat flow semua pengeluaran dan pemasukan anda, pencatatan order secara digital, pemilihan layanan pesan antar, hingga layanan pembayaran yang beragam.


Yummykitchen sangat bisa membantu anda mengembangkan bisnis secara efisien dan terukur, anda bisa bergabung melalui laman ini.


Kesimpulan dalam efisiensi bisnis kuliner


Efisiensi bisnis kuliner sangat perlu anda lakukan, dan tentunya menjadi prioritas anda dalam menjalani bisnis kuliner. Efisiensi memerlukan banyak pemikiran dan menguras tenaga, namun dengan bergabung di Yummykitchen, maka efisiensi bisnis anda akan bisa anda terapkan pada bisnis anda secara tepat.


Selain itu, anda juga bisa bergabung menjadi mitra Yummyshop dan mendownload aplikasi Yummyshop untuk memudahkan anda dalam efisiensi dan pengembangan bisnis kuliner jika anda ingin mengelola bisnis anda secara mandiri.

1 view0 comments

Recent Posts

See All