Search

Tips Menjaga Kualitas Makanan untuk Ekspansi Bisnis Kuliner


tips menjaga kualitas makanan untuk ekspansi bisnis kuliner

Bisnis kuliner saat ini berkembang sangat pesat, terutama di Indonesia. Makanan sebagai kebutuhan pokok semua orang tentunya menjadi skala prioritas utama orang-orang, namun semakin banyaknya pilihan makanan yang ada, membuat masyarakat menjadi lebih pemilih untuk membeli makanan. Makanan yang sudah terjaga kualitasnya akan menjadi pilihan utama dibandingkan makanan lain yang kualitasnya rendah atau berubah-ubah.

Berikut tips untuk menjaga kualitas makanan Anda jika ingin ekspansi bisnis!


1. Pemilihan Bahan Baku

Bahan baku menjadi salah satu alasan makanan memiliki kualitas yang tinggi. Semakin baik dan higienis bahan baku pembuatan, maka kualitas makanan yang sudah jadi juga akan tinggi. Bahan baku yang bersih dan terjaga, tentu membawa keuntungan lain, seperti masa simpan yang lebih lama, bebas kuman, dan tentunya selalu siap ketika ingin digunakan.

Saat ini, terdapat berbagai penyedia bahan baku untuk usaha-usaha kuliner atau restoran yang bisa digunakan untuk bisnis kuliner Anda, jika ingin lebih mudah, Yummykitchen sebagai penyedia cloud kitchen no 1 di Indonesia sudah menyediakan layanan penyediaan bahan baku berkualitas yang sudah masuk dalam kegiatan operasional dapur. Jika Anda bergabung menjadi mitra atau brand di Yummykitchen, maka semua bahan baku yang digunakan di dapur sudah terjaga kualitasnya, selalu segar dan higienis.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen? Dan Bagaimana Konsep Bisnisnya?

2. Kebersihan Dapur

Kebersihan dapur menjadi perhatian utama yang harus selalu dijaga. Hama seperti tikus dan kecoa tidak boleh berada di dalam dapur yang mengolah makanan segar. Kebersihan dapur haruslah selalu dijaga dan diperbaiki setiap waktu.

Dapur sebagai tempat pengolahan makanan haruslah memiliki standar kebersihan yang tinggi. Hal ini agar kualitas makanan yang dibuat juga tidak tercemar oleh kotoran-kotoran yang ada di dapur. Kebersihan dapur juga menjadi syarat utama sebuah rumah makan atau restoran agar memiliki sertifikat kemanan makanan.

Yummykitchen sudah memiliki standar kebersihan dapur yang tinggi, dengan peralatan dapur yang selalu dijaga kebersihannya, membuat dapur Yummykitchen selalu bersih dan higienis dari kotoran. Sistem kebersihan ini sudah diterapkan mulai dari kedatangan bahan baku, hingga pengolahan akhir makanan.


3. Sumber Daya Manusia yang Baik

Sumber daya manusia atau SDM adalah salah satu aspek yang harus diperhatikan untuk menghasilkan makanan yang berkualitas. SDM sebagai pengolah langsung makanan, haruslah memiliki pengetahuan dan skill yang baik di dapur. SDM seperti koki dan petugas kebersihan harus menerapkan standar kebersihan baku yang selalu dicek secara berkala setiap waktunya. Yummykitchen, selain memiliki SDM yang memiliki pengetahuan mengenai pengolahan makanan, juga aware terhadap kebersihan dan perawatan dapur. SDM yang dimiliki oleh Yummykitchen sudah melaksanakan proses training yang ketat sehingga memiliki kualifikasi SDM yang sangat tinggi dalam mengolah makanan yang berkualitas.


Kualitas Makanan di Yummykitchen

Menjaga kualitas makanan heruslah dilakukan dengan cara yang benar dan sesuai prosedur, restoran haruslah menjaga kebersihan dan keamanan makanan yang kelaur dari dapur mereka. Makanan yang berkualitas tinggi akan memudahkan restoran dalam mengembangkan bisnis mereka, karena nama brand yang sudah baik, tentunya akan memudahkan proses kepercayaan pelanggan ketika membuka cabang baru.

Baca juga: Perbedaan Model Bisnis Franchise dengan Cloud Kitchen

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis secara efisien dan mudah, Yummykitchen merupakan tempat yang tepat karena selain sebagai operator cloud kitchen terbesar no 1 di Indonesia. Yummykitchen juga selalu menjaga kualitas makanan yang diolah di dapur bersama. Hal ini membuat makanan yang jadi dan akan diterima oleh pelanggan memiliki kualitas yang terjaga. Jika Anda ingin bergabung menjadi mitra atau brand di cloud kitchen Yummykitchen, silahkan kunjungi laman ini.

24 views0 comments