Search

Yuk Intip Tradisi Imlek Keluarga Cikul (@cicikuliner) Sebelum dan Sesudah Korona!


Imlek, atau Tahun Baru Cina, adalah salah satu perayaan besar yang dilakukan oleh masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia setiap tahunnya. Untuk tahun ini, perayaan Tahun Baru Imlek jatuh pada hari Jumat, 12 Februari 2021. Nah biasanya untuk menyambut Tahun Baru Imlek, ada beberapa tradisi yang akan ditemukan seperti: membersihkan rumah, memakai unsur warna merah, sembahyang leluhur, sembahyang ke klenteng, makan bersama keluarga, sajian makanan khas, silaturahmi keluarga, hingga ke bagi-bagi angpao. Tapi apa sih kira-kira yang membuat 2021 berbeda dari tahun sebelumnya?


Hilda Octaviani atau yang biasanya dikenal sebagai Cikul (Cici Kuliner) memiliki akun instagram bernama sama @cicikuliner. Konten instagram Cikul berfokus pada review makanan-makanan lezat yang membuat audience ingin mencicipi jenis makanan di dalam foto atau video yang diunggah. Cikul yang saat ini sudah memiliki 104K followers juga ikut merayakan dan merasakan perbedaan Imlek di tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Apa tradisi yang masih diterapkan di tahun ini? Berikut interview kami dengan Cikul.


Apa sih Arti Imlek buat Cikul?

Imlek buat aku merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu. Karena biasanya semua keluarga berkumpul dan makan bersama di rumah yang paling tua. Setiap perayaan Imlek diingatkan seberapa sibuknya kita tetap harus meluangkan waktu untuk keluarga dan memberi penghormatan kepada orang tua.


Perbedaan Imlek yang Cikul alami di waktu dulu dan sekarang?

Kalo Imlek pas kecil waktu masih tinggal di kampung halaman, di Bangka. Aku sering bertamu ke rumah para tetangga. Vibes Imlek terasa banget bahkan sampai 15 hari kedepan. Dan yang paling ditunggu dari Imlek cuma Angpao, pake baju baru. Kalo sekarang, Karena Imlek di Jakarta, yang penting kumpul sama keluarga lengkap sudah cukup. Biasanya Imlek cuma dirayain setengah hari aja karena keesokan hari udah aktivitas seperti biasa.


Makanan yang Cikul suka waktu Imlek?

Lapis legit. Walau sebenarnya lapis legit bisa dimakan kapan aja entah kenapa kalo pas Imlek beda aja gitu rasanya.


Harapan Imlek di tahun ini seperti apa?

Walau tahun ini Imlek akan terasa berbeda dari tahun sebelumnya karena tidak akan ada kumpul dengan keluarga besar, harapannya seluruh keluarga inti masih tetap bisa merayakan di rumah dalam keadaan sehat, lengkap dan tetap melakukan beberapa tradisi sesuai protokol kesehatan.


Doa untuk Imlek tahun ini?

Semoga seluruh keluarga selalu dilindungi, diberikan kesehatan, kebahagiaan, dan tetap kuat berjuang melawan pandemi ini.


Itulah tadi bincang-bincang mengenai tradisi Imlek di keluarga Hilda Octaviani atau yang biasa dipanggil Cikul. Apa arti Imlek untuk kamu dan tradisi apa yang berubah di keluargamu? Yuk share di kolom komentar.

76 views0 comments