Ketentuan layanan untuk penjulan

A. Definisi

Kecuali secara tegas ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan, istilah-istilah yang digunakan memiliki arti sebagai berikut:

  1. Yummyshop adalah suatu aplikasi (perangkat lunak) untuk komputer dan telepon genggam yang menyediakan layanan jasa pemesanan dan pengantaran makanan dan minuman (untuk selanjutnya di dalam Syarat dan Ketentuan ini akan disebut sebagai “Produk”).

  1. Pengguna adalah suatu badan hukum/perseorangan yang bergerak di bidang jasa makanan dan/atau minuman, yang dengan independen telah memilih untuk menggunakan jasa aplikasi situs, sistem, dan layanan Yummyshop agar dapat melakukan penjualan atas Produk (untuk selanjutnya di dalam Syarat dan Ketentuan ini akan disebut sebagai “Aplikasi”).

  1. Pembeli adalah individu yang melakukan transaksi dengan pihak Pengguna melewati Aplikasi.

  1. Yummyshop Balance adalah jumlah hasil transaksi penjualan Pengguna melalui Aplikasi.

  1. Pihak Ketiga adalah setiap penyedia layanan yang bekerjasama dengan Yummyshop terkait dengan penyediaan Aplikasi, yaitu kurir logistik dan layanan sistem pembayaran (bank atau aplikasi pembayaran digital).

B. Umum

  1. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum serta Pengguna dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui setiap Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan oleh Yummyshop.

  1. Yummyshop tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu terkait dengan adanya dugaan pelanggaran atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku yang dilakukan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas kepada setiap tindakan berupa penghapusan barang, moderasi toko, penutupan toko, pembatalan pendafaran (listing), suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Pengguna.

  1. Yummyshop memiliki kewenangan untuk menutup atau membekukan toko atau akun Pengguna baik sementara maupun permanen apabila terdapat atau timbul suatu tindakan kecurangan dalam bertransaksi atau adanya pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan yang dilakukan oleh Pengguna.

  1. Pengguna menyetujui bahwa Yummyshop sesuai dengan diskresinya berhak untuk melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas untuk menolak pengajuan pembukaan toko yang baru apabila ditemukan kesamaan data dengan Pengguna terkait.

  1. Yummyshop berhak melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu dari Pengguna dan penggunaan yang berkelanjutan oleh Pengguna atas Aplikasi akan menandakan bahwa Pengguna telah menerima setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Jika terdapat perubahan pada Syarat dan Ketentuan, Yummyshop akan mengumumkan perubahan tersebut di Aplikasi.

  2. Syarat dan Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Yummyshop dan Pengguna sehubungan dengan penggunaan Aplikasi yang ditawarkan oleh Yummyshop.

C. Larangan

  1. Pada Aplikasi, Pengguna dilarang keras untuk:

  • mengirimkan atau mendistribusikan virus serta materi berbahaya;

  • mendistribusikan konten ofensif atau melecehkan yang dapat dianggap sebagai suatu pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku;

  • merusak data;

  • menyebabkan gangguan terhadap Pengguna lain;

  • melanggar hak kesopanan orang lain serta norma kewajaran dan kesusilaan;

  • mengirim iklan atau materi promosi yang tidak diminta; dan/atau

  • mengganggu kinerja atau fungsi dari setiap fasilitas komputer, sistem, dan akses.

  1. Yummyshop akan menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE) beserta setiap perubahan dan peraturan pelaksanaannya.

D. Pengajuan sebagai Pengguna Yummyshop

  1. Sebagai Pengguna, anda wajib untuk melakukan registrasi akun Yummyshop melalui  situs web Yummykitchen (www.yummykitchen.com/yummyshop) atau melalui alamat email/nomor telepon genggam yang valid, dengan memberikan informasi berikut untuk dapat melakukan penggunaan:

  • Nama Pemilik Usaha (sesuai KTP):

  • Nama Brand/Usaha

  • Nomor Telepon

  • Nomor Rekening Bank

  1. Proses verifikasi melalui e-mail atau whatsapp akan dilakukan Yummyshop dalam waktu 2x24 jam atau jangka waktu lain sebagaimana ditetapkan sesuai kebijakan Yummyshop. Yummyshop memiliki kewenangan untuk menolak proses registrasi Pengguna karena alasan apapun, atas kebijakan Yummyshop sendiri.

  1. Pengguna menjamin dan bertanggungjawab atas keabsahan informasi dan dokumen yang diberikan dalam mengajukan permohonan untuk mendaftar sebagai Pengguna.

  1. Pengguna menyetujui bahwa informasi dan dokumen yang diberikan pada saat melakukan pendaftaran dapat dibagikan dan/atau disampaikan oleh Yummyshop kepada pihak ketiga untuk proses pelaksanaan verifikasi atau kegiatan lainnya sehubungan dengan pendaftaran Pengguna.

  1. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Yummyshop untuk mengumpulkan dan mengolah informasi yang terdapat dalam formulir halaman Pengguna pada Aplikasi Yummyshop kepada Pihak Ketiga.

  1. Pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Yummyshop untuk memberikan informasi dan/atau data relevan lainnya pada Aplikasi yang dibutuhkan oleh Pihak Ketiga.

E. Akun, Password, dan Keamanan

  1. Setiap Pengguna wajib menjaga kerahasiaan password atau kata sandi yang digunakan untuk mengakses akun Yummyshop. Apabila tidak ada notifikasi dari Pengguna, Yummyshop menganggap setiap orang yang menggunakan akun Pengguna telah mendapat izin dari Pengguna. Yummyshop tidak bertanggung jawab atas penyalahgunaan password kecuali penyalahgunaan tersebut merupakan kelalaian Yummyshop. Dalam hal demikian, Yummyshop akan menganggap setiap penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui akun Pengguna sebagai permintaan yang sah dari Pengguna.

  1. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nama pemilik pedagang (merchant) untuk 1 (satu) akun Pengguna.

  1. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna.

  1. Pengguna memahami bahwa 1 (satu) alamat email hanya dapat digunakan untuk mendaftar 1 (satu) akun Pengguna.

  2. Pengguna wajib untuk segera melakukan pemberitahuan kepada Yummyshop jika Pengguna mengetahui atau menduga bahwa akunnya telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Pengguna. Yummyshop akan melakukan setiap tindakan yang diperlukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.

  3. Yummyshop tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan yang diperlukan terkait dengan setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan/atau hukum yang berlaku yang dilakukan oleh Pengguna, yakni tindakan berupa suspensi akun, dan/atau penghapusan akun Pengguna.

  4. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Toko; (ii) kegiatan perambanan (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi, dan lain sebagainya; (v) penambahan produk ke etalase; dan/atau (vi) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi terhadap Aplikasi.

  5. Yummyshop tidak akan meminta username, password maupun kode one time password (“OTP”) melalui aplikasi whatsapp/e-mail yang dimiliki oleh Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu, Yummyshop menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Yummyshop atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.

  6. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan OTP, Pengguna bersedia untuk menerima OTP pada nomor telepon yang sudah didaftarkan melalui aplikasi whatsapp jika Pengguna mendaftarkan akun melalui Aplikasidengan menggunakan nomor telepon.

  7. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan OTP Pengguna bersedia untuk menerima OTP pada alamat e-mail yang didaftarkan jika Pengguna mendaftarkan akun melalui Aplikasi dengan menggunakan e-mail.

  8. Pengguna memiliki hak untuk melakukan perubahan pada informasi (nama akun, alamat penjemputan barang dan nomor rekening bank). Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada informasi tersebut telah sesuai dengan yang diinginkan dan bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan nama akun yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan yang terjadi sebelum perubahan nama tetap mengikat Pengguna.

  9. Pengguna diharapkan untuk mengunggah konten Produk yang akan diperdagangkan dalam jangka waktu 90 (sembilan puluh) hari setelah pembuatan akun. Apabila Pengguna belum mengunggah konten Produk dalam jangka waktu yang ditetapkan, maka Pengguna dengan ini menyetujui dan memahami bahwa Yummyshop berhak untuk melakukan moderasi atau penutupan toko tanpa pemberitahuan sebelumnya kepada Pengguna.

  10. Yummyshop  memiliki hak sepenuhnya untuk melakukan verifikasi terhadap informasi yang Pengguna berikan, juga berhak untuk membatasi penggunaan sarana layanan Aplikasihingga tahap verifikasi selesai.

  11. Yummyshop tidak akan pernah memperjualbelikan data pribadi Pengguna kepada pihak lain. Silakan tinjau Kebijakan Privasi Yummyshop di sini.

F. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Penyedia Layanan

  1. Sebagai pengguna dari Aplikasi, Pengguna memahami bahwa Yummyshop bekerjasama dengan Pihak Ketiga yang menyediakan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, layanan sistem pengiriman, dan layanan sistem pembayaran untuk transaksi antara Pengguna dan Pembeli.

  1. Sebagai pengguna dari Aplikasi, Pengguna menyetujui untuk menggunakan layanan Pihak Ketiga dan mengetahui bahwa Yummyshop akan memberikan data Pengguna kepada Pihak Ketiga.

  1. Pengguna menyetujui untuk terikat dan tunduk kepada syarat dan ketentuan dari layanan Pihak Ketiga dan mengetahui bahwa penggunaan layanan Pihak Ketiga melalui Aplikasi akan menimbulkan hubungan hukum antara Pengguna dan Pihak Ketiga.

  1. Pengguna setuju bahwa Yummyshop tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian lainnya) yang disebabkan oleh penggunaan layanan Pihak Ketiga.

  1. Yummyshop tanpa pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu kepada Pengguna, memiliki kewenangan untuk mengubah/menghentikan/menangguhkan layanan dan/atau layanan Pihak Ketiga tanpa persetujuan dan pemberitahuan terlebih dahulu dari Pengguna.

 

 

 

G. Biaya Layanan

  1. Pengguna akan dikenakan biaya proses pembayaran payment gateway untuk penggunaan bank serta biaya untuk pencairan saldo dari Yummyshop Balance di Aplikasi ke rekening bank untuk setiap transaksinya sesuai dengan harga yang ditentukan oleh Yummyshop.

  1. Yummyshop tidak mengenakan biaya apapun kepada Pengguna.

H. Harga

  1. Aplikasi untuk saat ini hanya dapat melayani transaksi jual beli Produk dalam mata uang Rupiah.

  1. Harga dan spesifikasi Produk yang terdapat dalam Aplikasi adalah harga dan spesifikasi sebagaimana telah ditetapkan oleh Pengguna. Pengguna dilarang memanipulasi harga dan spesifikasi Produk dengan cara dan alasan apapun.

  1. Pengguna wajib memahami dan menyetujui bahwa kesalahan keterangan terhadap harga dan informasi dari Produk adalah merupakan tanggung jawab dari Pengguna.

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap masalah dan/atau perselisihan yang terjadi akibat ketidaksepahaman antara Pengguna dan Pembeli tentang harga dan informasi dari Produk bukanlah merupakan tanggung jawab Yummyshop.

I. Konten

  1. Pengguna mengetahui dan memahami bahwa segala gambar, deskripsi Produk dan harga Produk adalah tanggung jawab dari Pengguna.

  1. Pengguna dilarang mempergunakan foto/gambar yang memiliki watermark yang menandakan hak milik orang lain. 

  1. Jika Pengguna melakukan pelanggaran dalam perihal konten sebagaimana yang sudah diatur dalam bagian ini, Yummyshop berhak memberlakukan denda atau penalti sebagaimana ditetapkan lebih lanjut oleh Yummyshop.

J. Produk

  1. Pengguna mengerti bahwa penjualan Produk yang ilegal di Yummyshop adalah dilarang.

  1. Pengguna mengerti bahwa Yummyshop adalah platform khusus untuk memperjualbelikan Produk, bukan untuk barang atau produk yang bersifat lain dari itu.

  1. Pengguna mengerti bahwa setiap Produk yang dipesan oleh Pembeli melalui Aplikasi wajib layak untuk dikonsumsi Pembeli dan memiliki kualitas kebersihan yang tinggi.

  1. Pengguna juga mengerti bahwa tingkat kualitas kebersihan dan kelayakan Produk yang dijual Pengguna dan segala macam masalah yang timbul karena kurangnya kebersihan dan kelayakan dari Produk tersebut adalah seluruhnya tanggung jawab Pengguna dan bukan tanggung jawab Yummyshop. Oleh karenanya, Pengguna wajib untuk membebaskan Yummyshop terhadap setiap tanggung jawab dan/atau tuntutan apa pun yang timbul dari Pembeli atau pihak ketiga lainnya terkait dengan kualitas kebersihan dan kelayakan Produk yang disediakan oleh Pengguna.

  1. Pengguna mengerti bahwa Yummyshop berhak memberlakukan denda atau penalti sebagaimana ditetapkan lebih lanjut oleh Yummyshop atas Pengguna yang melanggar hal-hal yang dijelaskan di atas.

K. Transaksi Penjualan

  1. Pengguna dilarang untuk memanipulasi harga Produk dengan tujuan dan/atau alasan apapun.

  1. Dalam menggunakan fasilitas "Judul Produk", "Foto Produk", "Catatan" dan "Deskripsi Produk", Pengguna dilarang membuat peraturan bersifat klausula baku yang tidak memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada (i) tidak menerima komplain, (ii) tidak menerima retur (penukaran barang), (iii) tidak menerima refund (pengembalian dana), (iv) barang tidak bergaransi, (v) pengalihan tanggung jawab (termasuk tidak terbatas pada penanggungan ongkos kirim), dan (vi) pengiriman barang acak secara sepihak. Jika terdapat pertentangan antara catatan Pengguna dan/atau deskripsi Produk dengan Syarat dan Ketentuan, maka peraturan yang berlaku adalah Syarat dan Ketentuan.

  1. Demi menjaga kenyamanan Pembeli dalam bertransaksi, Pengguna wajib memahami dan menyetujui bahwa Yummyshop berhak untuk melakukan moderasi toko Pengguna apabila Pengguna melakukan penolakan, pembatalan dan/atau tidak menanggapi pesanan Produk dari Pembeli dengan dugaan untuk memanipulasi transaksi, pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan, dan/atau kecurangan atau penyalahgunaan lainnya.

  1. Pengguna mengetahui proses check out harus dilakukan oleh pembeli selama 12 (dua belas) jam setelah link check out diberikan oleh Pengguna. Proses pembayaran harus dilakukan oleh Pembeli selama 1 (satu) jam setelah Pengguna melakukan konfirmasi pemesanan dan/atau pembelian.

L. Pengiriman

  1. Lokasi atau alamat dari pengiriman Produk akan ditentukan oleh Pembeli sesuai pemilihan kurir logistik yang tersedia di Aplikasi atas kerjasama dengan Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan pada huruf  F Syarat dan Ketentuan (Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Penyedia Layanan).

  1. Khusus untuk kurir pribadi yang disediakan oleh Pengguna, biaya pengantaran akan otomatis termasuk dengan total pembayaran Produk saat Pembeli telah melakukan pembayaran.

  1. Pengiriman Produk ditujukan ke lokasi atau alamat Pembeli saat Pengguna menerima konfirmasi pemesanan dari Pembeli.

  1. Lokasi atau alamat dan jadwal pengiriman Produk dapat diganti oleh Pembeli selama Pembeli belum melakukan konfirmasi pemesanan yang diberikan oleh Pengguna.

  1. Yummyshop tidak menjamin tidak adanya halangan seperti kepadatan arus lalu lintas, kondisi cuaca, bencana alam, peristiwa lainnya yang tidak terduga yang berakibat pada keterlambatan, ketertundaan, atau kegagalan pengiriman saat pengantaran Produk dari Pengguna ke Pembeli.

  1. Pengguna mengetahui bahwa Yummyshop akan melakukan konfirmasi otomatis penerimaan Produk apabila Pembeli memilih untuk menggunakan jasa pengiriman dari Pihak Ketiga untuk mengirimkan pesanan yang dibuat.

  1. Pengguna mengetahui bahwa Pengguna harus melakukan konfirmasi manual penerimaan Produk apabila Pembeli memilih untuk menggunakan kurir pribadi dalam mengirimkan pesanan yang dibuat.

  1. Khusus untuk pengiriman yang dilakukan oleh Pihak Ketiga, jika Produk harus dikembalikan ke pihak Pengguna dengan alasan apapun baik dari kesalahan Pengguna maupun Pembeli (sebagaimana berlaku), pengiriman tersebut akan dinyatakan selesai dan akan dikenakan biaya. Yummyshop menganjurkan Pengguna untuk dapat berkomunikasi dengan Pembeli perihal pengiriman kembali Produk tersebut ke alamat pengantaran. Pengguna kemudian berhak untuk memesan kurir logistik secara pribadi tanpa keterlibatan dari Yummyshop.[1] 

  1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang diajukan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan barang adalah bukan merupakan tanggung jawab dari Yummyshop. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk merupakan tanggung jawab dari Pembeli secara pribadi.

M. Pengembalian Dana

  1. Pengguna mengetahui bahwa proses pengembalian dana dilakukan secara manual oleh Pengguna kepada Pembeli. Proses pengembalian dana ini diluar tanggung jawab Yummyshop dan merupakan tanggung jawab dari Pengguna secara pribadi.

  1. Pengguna mengetahui bahwa seluruh dana (harga Produk dan biaya pengiriman transaksi tersebut) yang telah dipotong biaya payment gateway akan dikembalikan ke Yummyshop Balance dari Pengguna.

  1. Pengguna mengetahui bahwa untuk menarik dana Pembeli yang harus dikembalikan tetap berlaku biaya pencairan dana yang dikenakan oleh pihak bank dan payment gateway.

N. Wallet dan Pencairan Dana

  1. Pengguna mengerti bahwa saldo Yummyshop Balance yang disediakan Yummyshop adalah sebagai penampungan dana sementara Pengguna untuk kenyamanan dalam penggunaan aplikasi Yummyshop, bukan sebagai fasilitas keuangan untuk penampungan dana.

  1. Pengguna mengetahui bahwa proses registrasi rekening bank diharuskan untuk penggunaan sistem pembayaran yang disediakan oleh pihak Yummyshop. Melalui Yummyshop Balance ini, Pengguna akan melakukan proses pembayaran yang dilakukan Pembeli.

  1. Pengguna mengetahui bahwa mereka wajib untuk menyerahkan data-data berikut untuk keperluan registrasi rekening bank:

  • Untuk akun perorangan:

  • Bukti Kartu Identitas (KTP atau Passport); dan

  • Bukti Kepemilikan Rekening Bank.

  • Untuk akun perusahaan:

  • Bukti Izin Berusaha (Izin Usaha Komersial/SIUP/NIB/NPWP);

  • Bukti Kartu Identitas Pemilik (KTP atau Passport); dan

  • Bukti Kepemilikan Rekening Bank.

  1. Pengguna menyetujui bahwa Yummyshop berhak untuk menolak ajuan proses pendaftaran rekening bank apabila Yummyshop menemukan kejanggalan  dari informasi yang sudah diserahkan oleh Pengguna

  1. Pengguna mengetahui bahwa dana dari Pembeli hanya masuk ke dalam Yummyshop Balance mereka dan tersedia untuk dicairkan saat status transaksi telah selesai.

  1. Pengguna mengetahui bahwa dana dari Pembeli yang masuk ke dalam Yummyshop Balance sudah dipotong biaya logistik, apabila transaksi tersebut menggunakan Jasa Pengiriman Pihak Ketiga.

  1. Pengguna mengetahui bahwa pencairan dana ke rekening bank akan dalam jangka waktu 2x24 jam hari kerja setelah Pengguna melakukan permintaan pencairan dana.

  1. Pengguna mengetahui bahwa pencairan dana ke rekening bank yang di mohon diatas jam 15:00 WIB akan di proses di hari selanjutnya.

  1. Kesalahan dalam memasukkan nomor rekening bank ke dalam Yummyshop Balance adalah tanggung jawab Pengguna.

O. Pelepasan Tanggung Jawab

  1. Pengguna setuju bahwa pemanfaatan layanan Aplikasi adalah atas resiko serta tanggung jawab dari Pengguna, dan layanan Aplikasi diberikan kepada Pengguna dengan dasar "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

  1. Sepanjang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, Yummyshop (termasuk afiliasi, direktur, dewan komisaris, pemegang saham dan karyawan dari Yummyshop) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna setuju untuk tidak menuntut Yummyshop atas segala kerusakan atau kerugian serta membebaskan Yummyshop dari setiap tuntutan atau klaim (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Aplikasi.

  • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi.

  • Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi.

  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.

  • Kualitas Produk.

  • Pengiriman Produk.

  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

  • Perselisihan antar (i) Pengguna dan (ii) Pengguna dengan Pembeli.

  • Pencemaran nama baik pihak lain.

  • Setiap penyalahgunaan Produk yang sudah dibeli oleh Pembeli.

  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi Yummyshop, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Yummyshop ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Aplikasi.

  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan Aplikasi.

  • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna dari penggunaan setiap layanan Aplikasi.

  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan produk yang ada dalam Aplikasi yang diduga palsu.

  • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.

  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

  • Kelalaian atau kesalahan dari Pihak Ketiga dalam menyediakan layanannya.

  1. Pengguna akan melepaskan Yummyshop dari tuntutan ganti rugi dan membebaskan Yummyshop (termasuk afiliasi, direktur, dewan komisaris, pemegang saham dan karyawan dari Yummyshop) dari setiap klaim, kewajiban atau tuntutan kerugian yang dilakukan oleh pihak manapun sehubungan dengan penggunaan layanan Aplikasi yang tidak semestinya, kelalaian Pengguna dalam menggunakan layanan Aplikasi dan/atau pelanggaran Pengguna terhadap peraturan yang berlaku atau hak pihak manapun.

KETENTUAN LAYANAN  UNTUK  PEMBELI 

A. Definisi

Kecuali secara tegas ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan, istilah-istilah yang digunakan memiliki arti sebagai berikut:

  1. Yummyshop adalah suatu aplikasi (perangkat lunak) untuk komputer dan telepon genggam yang menyediakan layanan jasa pemesanan dan pengantaran makanan dan minuman (untuk selanjutnya di dalam Syarat dan Ketentuan ini akan disebut sebagai “Produk”).

  1. Pembeli adalah individu yang melakukan transaksi dengan pihak Penjual yang menggunakan jasa aplikasi situs, sistem, dan layanan Yummyshop agar dapat melakukan pembelian atas Produk (untuk selanjutnya di dalam Syarat dan Ketentuan ini akan disebut sebagai “Aplikasi”).

  1. Penjual adalah suatu badan hukum/perseorangan yang bergerak di bidang jasa makanan dan/atau minuman, yang dengan independen telah memilih untuk menggunakan Aplikasi agar dapat melakukan penjualan atas produk tersebut.

  1. Pihak Ketiga adalah setiap penyedia layanan yang bekerjasama dengan Yummyshop terkait dengan penyediaan layanan Aplikasi, yaitu kurir logistik dan layanan sistem pembayaran (bank atau aplikasi pembayaran digital).

B. Umum

  1. Pembeli dengan ini menyatakan bahwa Pembeli adalah orang yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum serta Pembeli dianggap telah membaca, memahami dan menyetujui setiap Syarat dan Ketentuan yang telah ditetapkan oleh Yummyshop.

  1. Yummyshop tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pembeli, memiliki kewenangan untuk melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu terkait dengan adanya dugaan pelanggaran atau pelanggaran Syarat dan Ketentuan dan/atau hukum yang berlaku yang dilakukan oleh Pembeli.

  1. Yummyshop berhak melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan dan persetujuan terlebih dahulu dari Pembeli dan penggunaan yang berkelanjutan oleh Pembeli atas Aplikasi akan menandakan bahwa Pemebeli telah menerima setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan ini. Jika terdapat perubahan pada Syarat dan Ketentuan, Yummyshop akan mengumumkan perubahan tersebut di Aplikasi.

  2. Syarat dan Ketentuan ini merupakan keseluruhan perjanjian antara Yummyshop dan Pembeli sehubungan dengan penggunaan Aplikasi yang ditawarkan oleh Yummyshop.

 

C. Larangan

  1. Pada Aplikasi, Pembeli dilarang keras untuk:

  • mengirimkan atau mendistribusikan virus serta materi berbahaya;

  • Mendistribusikan konten ofensif atau melecehkan;

  • merusak data;

  • menyebabkan gangguan terhadap Penjual lain;

  • melanggar hak kesopanan orang lain;

  • mengirimkan iklan atau materi promosi yang tidak diminta; dan/atau

  • mengganggu kinerja atau fungsi dari setiap fasilitas komputer, sistem, dan akses.

  1. Yummyshop akan menindak tegas setiap pelanggaran yang terjadi sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Internet dan Transaksi Elektronik (ITE) beserta setiap perubahan dan peraturan pelaksanaannya.

D. Transaksi Pembelian

  1. Dalam menyediakan layanan fasilitas pembayaran Yummyshop, Yummyshop bekerja sama dengan penyedia layanan Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan pada huruf F Syarat dan Ketentuan (Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Penyedia layanan).

  1. Pembeli wajib bertransaksi melalui fasilitas pembayaran yang telah tersedia di Aplikasi.

  1. Pembeli setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilih sebelumnya.

  1.  Saat melakukan pembelian Produk, Pembeli menyetujui bahwa:

  1. Pembeli bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk (termasuk didalamnya namun tidak terbatas pada warna, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat tawaran atau komitmen untuk membeli.

  1. Pembeli mengakui bahwa warna sebenarnya dari Produk sebagaimana terlihat di Aplikasi tergantung pada monitor telepon genggam/tablet/komputer Pembeli. Yummyshop telah melakukan upaya terbaik untuk memastikan warna dalam foto-foto yang ditampilkan di Aplikasi muncul seakurat mungkin, tetapi tidak dapat menjamin bahwa penampilan warna pada Aplikasi akan akurat.

  1. Pembeli dengan ini secara tidak dapat ditarik kembali telah masuk ke dalam kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk ketika transaksi pembelian berlangsung dan sampai selesai.

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa ketersediaan Produk merupakan tanggung jawab Penjual yang menawarkan barang tersebut. Terkait ketersediaan Produk dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga dalam keadaan Produk kosong, maka Penjual akan menolak pemesanan, dan pembayaran atas barang yang bersangkutan akan dikembalikan kepada Pembeli.

  1. Proses check out oleh Pembeli wajib dilakukan dalam jangka waktu 12 (dua belas) jam setelah link check out diberikan oleh Penjual. Jika dalam jangka waktu tersebut konfirmasi pesanan belum dilakukan oleh Pembeli, Yummyshop memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud. Penjual tidak berhak mengajukan klaim atau tuntutan atas pembatalan transaksi tersebut.

  1. Pembayaran oleh Pembeli wajib dilakukan dalam jangka waktu 1 (satu) jam setelah Pembeli melakukan konfirmasi pesanan. Jika dalam jangka waktu tersebut pembayaran atau konfirmasi pembayaran belum dilakukan oleh Pembeli, Yummyshop memiliki kewenangan untuk membatalkan transaksi dimaksud.

  1. Dengan melakukan pemesanan melalui Aplikasi, Pembeli dengan ini menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga Produk, ongkos kirim, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan secara tegas dalam halaman pembayaran.

  1. Pembeli memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala transaksi yang dilakukan antara Pembeli dan Penjual selain melalui rekening resmi Yummyshop dan/atau tanpa sepengetahuan Yummyshop (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar Aplikasi atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pembeli.

  1. Pembeli menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain pihak Penjual. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pembeli kepada pihak lain, maka hal tersebut akan menjadi tanggung jawab Pembeli.

  1. Pembeli memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pembeli pergunakan dengan bank Rekening Pembeli adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

  1. Pembeli wajib mengetahui bahwa pengembalian Produk adalah tanggung jawab Penjual bukan tanggung jawab Yummyshop.

  1. Pembeli wajib mengetahui bahwa proses pengembalian dana dilakukan secara manual oleh Penjual kepada Pembeli. Proses pengembalian dana ini diluar tanggung jawab Yummyshop, melainkan tanggung jawab Penjual.

E. Pengiriman

  1. Lokasi atau alamat dari pengiriman Produk akan ditentukan oleh Pembeli sesuai pemilihan kurir logistik yang tersedia di Aplikasi atas kerjasama dengan Pihak Ketiga (sebagaimana didefinisikan pada huruf F Syarat dan Ketentuan (Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Penyedia layanan).

  1. Khusus untuk kurir pribadi yang disediakan oleh Penjual, biaya pengantaran akan otomatis termasuk dengan total pembayaran Produk saat Pembeli telah melakukan pembayaran.

  1. Pengiriman barang ditujukan ke lokasi atau alamat Pembeli saat Penjual menerima konfirmasi pemesanan dari Pembeli.

  1. Lokasi atau alamat dan jadwal pengiriman Produk dapat diganti oleh Pembeli selama Pembeli belum melakukan konfirmasi pemesanan [2] yang diberikan oleh Penjual.

  1. Yummyshop tidak menjamin ketiadaan tidak adanya halangan seperti kepadatan arus lalu lintas, kondisi cuaca, bencana alam, peristiwa lainnya yang tidak terduga yang berakibat pada keterlambatan, ketertundaan, atau kegagalan pengiriman saat pengantaran Produk dari Penjual ke Pembeli.

  1. Pembeli dan Penjual mengetahui bahwa Yummyshop akan melakukan konfirmasi otomatis penerimaan Produk apabila Pembeli memilih untuk menggunakan jasa pengiriman Pihak Ketiga untuk mengirimkan pesanan yang dibuat.

  1. Pembeli dan Penjual mengetahui bahwa Penjual harus melakukan konfirmasi manual penerimaan barang apabila Pembeli memilih untuk menggunakan kurir pribadi untuk mengirimkan pesanan yang dibuat.

  1. Pembeli dan Penjual memahami dan menyetujui bahwa setiap klaim yang dilayangkan setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk adalah bukan menjadi tanggung jawab Yummyshop. Kerugian yang timbul setelah adanya konfirmasi/konfirmasi otomatis penerimaan Produk menjadi tanggung jawab Pembeli secara pribadi.

F. Kerja Sama dengan Pihak Ketiga Penyedia Layanan

  1. Sebagai pengguna dari Aplikasi, Pembeli memahami bahwa Yummyshop bekerjasama dengan Pihak Ketiga yang menyediakan layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, layanan sistem pengiriman, dan layanan sistem pembayaran untuk transaksi antara Penjual dan Pembeli.

  1. Sebagai pengguna dari Aplikasi, Pembeli menyetujui untuk menggunakan layanan Pihak Ketiga dan mengetahui bahwa Yummyshop akan memberikan data Pengguna kepada Pihak Ketiga.

  1. Pembeli menyetujui untuk terikat dan tunduk kepada syarat dan ketentuan dari layanan Pihak Ketiga dan mengetahui bahwa penggunaan layanan Pihak Ketiga melalui Aplikasi akan menimbulkan hubungan hukum antara Pembeli dan Pihak Ketiga.

  1. Pembeli setuju bahwa Yummyshop tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian lainnya) yang disebabkan oleh penggunaan layanan Pihak Ketiga.

G. Pelepasan Tanggung Jawab

  1. Pembeli setuju bahwa pemanfaatan layanan Aplikasi adalah atas resiko serta tanggung jawab dari Pembeli, dan layanan Aplikasi diberikan kepada Pembeli dengan dasar "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".

  1. Sepanjang diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, Yummyshop (termasuk afiliasi, direktur, dewan komisaris, pemegang saham dan karyawan dari Yummyshop) tidak bertanggung jawab, dan Pembeli setuju untuk tidak menuntut Yummyshop atas segala kerusakan atau kerugian serta membebaskan Yummyshop dari setiap tuntutan atau klaim (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari:

  • Pembelian atau ketidakmampuan Pembeli dalam menggunakan Aplikasi.

  • Harga, pengiriman atau petunjuk lain yang tersedia dalam Aplikasi.

  • Keterlambatan atau gangguan dalam Aplikasi.

  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pembeli.

  • Kualitas Produk.

  • Pengiriman Produk.

  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.

  • Perselisihan antar Penjual dan Pembeli.

  • Pencemaran nama baik pihak lain.

  • Setiap penyalahgunaan Produk  yang sudah dibeli oleh Pembeli.

  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke rekening resmi Yummyshop, yang dengan cara apapun mengatas-namakan Yummyshop ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.

  • Virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya (bot, script, automation tool selain fitur Power Merchant, hacking tool) yang diperoleh dengan mengakses, atau menghubungkan ke layanan Aplikasi.

  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam layanan Aplikasi.

  • Kerusakan pada perangkat keras Anda dari penjualan setiap layanan Aplikasi.

  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk yang ada dalam Aplikasi yang diduga palsu.

  • Tindakan penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pembeli.

  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pembeli.

  • Kelalaian atau kesalahan dari Pihak Ketiga dalam menyediakan layanannya.

  1. Pembeli akan melepaskan Yummyshop dari tuntutan ganti rugi dan membebaskan Yummyshop (termasuk afiliasi, direktur, dewan komisaris, pemegang saham dan karyawan dari Yummyshop) dari setiap klaim, kewajiban atau tuntutan kerugian yang dilakukan oleh pihak manapun sehubungan dengan penjualan Produk yang tidak semestinya, kelalaian Pembeli dalam menggunakan Aplikasi dan/atau pelanggaran Pembeli terhadap peraturan yang berlaku atau hak pihak manapun.

 

Important

as in klik pilih pembayaran

© 2020 Yummykitchen, a service by Yummy Corp